Penulis Utama : Ika Ariyani Nur Febriyanti
NIM / NIP : F3512046
×

ABSTRAK
Tugas Akhir yang berjudul “Implementasi Komunikasi Organisasi Studipada Karyawan dan Trainee Banquet Section di The Sunan Hotel Solo” ini merupakan penelitian mengenai komunikasi organisasi yang dilakukan oleh karyawan dan trainee pada Banquet Section di The Sunan Hotel Solo. Terdapat tiga arah aliran informasi dalam komunikasi yang terjadi pada Banquet Section di The Sunan Hotel Solo, yaitu komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas dan komunikasi horizontal.Komunikasi ke bawah yang terjadi yaitu informasi mengalir dari jabatan yang berotoritas lebih tinggi kepada jabatan yang otoritasnya lebih rendah.Komunikasi ke atas yang terjadi yaitu informasi mengalir dari jabatan yang berotoritas lebih rendah kepada mereka yang memiliki jabatan lebih tinggi. Komunikasi horizontal yang terjadi yaitu penyampaian informasi di antara rekan dalam unit kerja yang sama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi organisasi studi pada karyawan dan trainee Banquet Section di The Sunan Hotel Solo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuesioner dan studi pustaka. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data tentang implementasi komunikasi organisasi pada karyawan dan trainee Banquet Section di The Sunan Hotel Solo.
Data dari penelitian adalah  seluruh karyawan dan trainee pada Banquet Sectiondi The Sunan Hotel Solo sebanyak 15 responden yang terdiri dari 10 karyawan dan 5 trainee. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.Kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa implementasi komunikasi organisasi pada karyawan dan trainee Banquet Section di The Sunan Hotel Solo dalam kategori baik. Implementasi komunikasi ke bawah tergolong baik dengan rata-rata 4,1. Implementasi komunikasi ke atas juga dalam kategori baik dengan rata-rata 3,9. Sedangkan implementasi komunikasi horizontal dengan rata-rata yaitu 4,1. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan komunikasi dalam organisasi khususnya pada Banquet Sectiondi The Sunan Hotel Solo dan komunikasi pimpinan terhadap karyawan, karyawan terhadap pimpinan serta antarsesama rekan kerja dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : komunikasi, organisasi, komunikasi organisasi
ABSTRACT
The Final Project entitled “The Implementation of Organizational Communications Study on Employees and Trainees Banquet Section at The Sunan Hotel Solo “ is a study of organizational communication performed by employees and trainees in Banquet Section at The Sunan Hotel Solo. There are three way flow of information in the communication in Banquet Section at The Sunan Hotel Solo, namely downward communication, upward communication and horizontal communication. The downwardcommunication happens that the information flow from the higher positionsto lower positions of authority. The upward communication is an information flow from the lower positions of authority to those who have higher positions. The horizontal communication is the delivery of information among colleagues in the same work unit.
This study aims to determine how the implementation of studies organizational communication to employees and trainees Banquet Section at The Sunan Hotel Solo. This is a descriptive research that using questionnaires and literature. Data colection techniques by using  questionnaires to obtain data on the implementation of organizational communication to employees and trainees Banquet Section at The Sunan Hotel Solo.
The data of this research were all employees and trainess in Banquet Section at The Sunan Hotel Solo as many as 15 respondents that consisting of 10 employees and 5 trainees. The data of the research were analyzed using descriptive stistic analysis techniques. Then , the date is processed to identify and to answer  issues in this research.
Result of reseacrh shows that the implementation of organizational communication to employees and trainees Banquet Section at The Sunan Hotel Solo is the best category. The implementation of downward communication is quite well with an average of 4,1. The Implementation of upward communication is well with an average of 3,9. While the implementation of horizontal communication with the average is 4,1. This studyexpected to the material information and input for communication activities within the organization, especially in Banquet Section at The Sunan Hotel Solo and the communication from the leadership to the employees, from the employees to the leadership and among co-workers can be improved.

×
Penulis Utama : Ika Ariyani Nur Febriyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3512046
Tahun : 2015
Judul : Implementasi Komunikasi Organisasi (Studi pada Karyawan dan Trainee Banquet Sectiondi The Sunan Hotel Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Bisnis-F3512046-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Setyowati, SE, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.