Penulis Utama : Maharani Kusuma Dewi
NIM / NIP : I8712020
×

ABSTRAK
Meningkatnya jumlah unit usaha industri batik di Laweyan, baik dalam skala kecil maupun besar mengakibatkan semakin banyak limbah yang dihasilkan pada saat proses produksi. Limbah cair merupakan limbah yang paling banyak dihasilkan, terutama pada saat proses pewarnaan. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang kurang optimal serta kapasitas air limbah yang terbatas mengakibatkan kandungan zat warna dalam air limbah batik masih tinggi. Zat pewarna sintetis yang banyak digunakan ternyata mengandung bahan kimia berbahaya dan tergolong tidak ramah lingkungan. Maka dari itu diperlukan alternatif pengolahan dengan model lain yang mudah pengoperasiannya serta menghasilkan efisiensi yang tinggi dalam mengurangi kandungan zat warna pada air limbah batik yaitu melalui proses Elektrokimia Batch.
Tujuan penelitian pengolahan air limbah batik menggunakan elektrokimia batch yaitu selain untuk mengetahui perbedaan efisiensi pemakaian dan logam yang paling efektif sebagai elektroda diantara logam Zn, Al dan Fe terhadap penyisihan zat warna, serta untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan proses elektrokimia batch dengan cara membandingkan penelitian yang sejenis dengan mempertimbangkan efisiensi, arus listrik dan suhu yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah metode elektrolisis dengan membandingkan beberapa variasi tindakan yaitu variasi waktu pengolahan 30, 60, 90, 120 menit dan variasi jenis plat elektroda seng (Zn), aluminium (Al) dan besi (Fe).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi plat elektroda ZZ (Seng-Seng) adalah plat elektroda yang menghasilkan efisiensi paling tinggi yaitu sebesar 84,078 % dengan waktu pengolahan 60 menit, pemakaian arus listrik sebesar 2,7 ampere serta suhu yang ditimbulkan saat proses pengolahan sebesar 56oC.
Kata Kunci :
Industri batik Laweyan, limbah cair, zat warna, elektrokimia batch, seng, alumunium, besi, arus, suhu dan efisiensi.

×
Penulis Utama : Maharani Kusuma Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8712020
Tahun : 2015
Judul : Efisiensi Pemakaian Plat Elektroda (Zn, Al dan Fe) terhadap Penyisihan Zat Warna dalam Proses Elektrokimia Batch
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8712020-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Budi Utomo, M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.