Penulis Utama : Muhammad Syafiq
NIM / NIP : I8112026
×

ABSTRAK
Proyek ahkir ini berisi tentang desain dan pembuatan sepeda listrik roda tiga (electric trike), yang melatar belakangi proyek akhir ini adalah kebutuhan bahan bakar minyak yang semakin meningkat sehingga menyebabkan beberapa kendala terhadap pemakaian bahan minyak, untuk itu salah satu cara mengatasi keterbatasan ketergantungan terhadap BBM adalah penggunaan kendaraan dengan energi listrik. Electric Trike ini diharapkan dapat lebih efisien dalam segi waktu dan mengurangi pencemaran udara serta mengurangi ketergantungan akan bahan bakar minyak dalam perkotaan.
Tujuan dari proyek akhir ini adalah terwujudnya kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Salah satu solusi ialah menggunakan energi listrik sebagai sumber energi listrik pada alat–alat transportasi seperti mobil listrik, sepeda motor listrik, kereta listrik dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu inovasi yaitu penggunaan sistem kelistrikan pada sepeda go wes.
Laporan proyek akhir membahas tentang cara kerja sepeda listrik, perancangan dan pembuatan sepeda listrik roda tiga. Disamping itu laporan proyek akhir ini membahas lebih dalam khususnya pada sistem kelistrikan pada sepeda listrik. Hal itu didasarkan karena sistem kelistrikan mempunyai peran penting untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara sepeda. Sepeda listrik menggunakan penggerak motor DC, baterai lithium, dan kontroler sebagai komponen utama.
Pada perhitungan mencari beban maksimum didapat 248,66 Kg. Sepeda listrik ini menggunakan baterai lithium dapat melaju dengan kecepatan maksimum 30 km/jam. Dan menempuh jarak maksimum sejauh 38 km dengan pegisian baterai penuh. Torsi dari motor listrik 7,58 Nm.
Kata kunci: Electric Trike, sepeda listrik, sistem kelistrikan

×
Penulis Utama : Muhammad Syafiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8112026
Tahun : 2015
Judul : Sistem Kelistrikan pada Prototipe Sepeda Listrik Roda Tiga
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8112026-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Miftahul Anwar, S.Si. , M.Eng.
2. Sukmaji Indro Cahyono, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.