Penulis Utama : Rochman Febrin Santosa
NIM / NIP : E0011275
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai kedudukan Komisi Kepolisian Nasional sebagai sebuah lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia serta untuk mengetahui kewenagan komisi Kepolisian Nasional dalam upaya mendukung reformasi Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian normatif yang bersifat perskiptif.Jenis bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan, pendekatan historis dan pendekatan konsep.Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen, teknis analisis bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deduksi yang dimulai dari fakta-fakta atau teori-teori hukum umum kemudian diteliti penerapannya dengan fenomena-fenomena hukum yang lebih khusus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kedudukan Komisi Kepolisian Nasional sebagai sebuah lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia adalah Komisi Kepolisian Nasional merupakan lembaga negara non struktural yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam menentukan arah kebijakan terhadap kepolisian dan menjadi lembaga pengawas secara eksternal terhadap kepolisian.
Kewenangan yang dimiliki oleh Komisi kepolisian Nasional dalam upaya mendukung reformasi kepolisian Negara Republik Indonesia sangat terbatas dan sederhana yang sifatnya administratif dan tidak mempunyai kekuatan dan pertanggungjawaban yang mengikat karena sepenuhnya tergantung keputusan dan kebijakan dari political will dari Presiden.
Kata kunci: Komisi Kepolisian Nasional, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Reformasi.
ABSTRACT
This research aims to examine and answer the problem about the position of the National Police Commission as a state agency in the state system of Indonesia as well as to determine the authority of the National Police Commission in an effort to support the reform of the Indonesian National Police.
This research is prescriptive normative research. The type of material used law is the primary legal materials and secondary legal materials. The approach used in this research is the approach of legislation, the historical approach and the approach to the concept. Legal material collection techniques used in this research is the study of documents, technical analysis of legal materials that are used in this research is the method of deduction that starts of facts or common law theories then researched application with phenomena more specific law.
The results showed that the position of the National Police Commission as a state agency in the state system of Indonesia is the National Police Commission is a state agency non-structural under and responsible to the President who has the task to assist the President in determining policy direction to the police and be externally supervisory agencies against the police.
Authority of the National Police Commission in support of the Indonesian National Police reform is very limited and simple administrative in nature and does not have the power and responsibility as fully dependent binding decisions and policies of political will of the President.
Keywords: National Police Commission, Police of the Republic of Indonesia, Reforms.

×
Penulis Utama : Rochman Febrin Santosa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011275
Tahun : 2015
Judul : Tinjauan Yuridis terhadap Kedudukan dan Wewenang Komisi Kepolisian Nasional dalam Upaya Mendukung Reformasi Kepolisian Negara Republik Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0011275-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. M. Madalina, S.H., M.Hum.
2. Achmad, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.