Penulis Utama : Nurfaizi Suwandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T 431302005
Tahun : 2015
Judul : Model Perilaku Migrasi Tenaga Kerja Wanita Penata Laksana Rumah Tangga (TKW PLRT) Indonesia di Mesir
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana S3 Prod Ilmu Ekonomi T 431302005-2015
Subyek : TENAGA KERJA WANITA INDONESIA
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

MODEL PERILAKU MIGRASI TENAGA KERJA WANITA PENATA LAKSANA RUMAH TANGGA (TKW PLRT) INDONESIA DI MESIR

 

NURFAIZI SUWANDI

Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta

 

ABSTRAK

 

            Fenomena tenaga kerja Indonesia Penata Laksana Rumah Tangga khususnya tenaga kerja wanita yang bekerja di Mesir (yang selanjutnya disingkat TKW-PLRT)  menarik untuk diteliti. Mesir bukanlah negara tujuan pengiriman TKW-PLRT dari Indonesia ke luar negeri, tetapi Mesir sendiri merupakan Negara pengirim tenaga kerja keluar negeri. Indonesia dan Mesir tidak ada perjanjian pengiriman tenaga kerja ataupun MoU (Memorandum of Understanding) yang layaknya dilakukan Indonesia dengan negara tujuan TKW-PLRT, tetapi masih terdapat  ribuan TKW-PLRT di Mesir, baik yang tercatat maupun tidak tercatat di KBRI Cairo Mesir, sehingga dapat dikatakan bahwa keberadaan mereka menjadi TKW-PLRT adalah illegal (melanggar hukum Mesir). Selain itu, undang-undang Mesir tidak mencantumkan masalah TKW-PLRT sebagaimana negara tujuan pengiriman Indonesia ke luar negeri. Hal ini mengakibatkan rentannya status dan kondisi TKW-PLRT yang bekerja di Mesir.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan mereka berada dan bekerja di Mesir. Penelitian ini menguji model perilaku migrasi TKW PLRT Indonesia di Mesir. Model tersebut disusun berdasarkan Theory Planned of Behaviour (TPB) yang dikombinasikan dengan Teori Migrasi.

            Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods) dengan menggunakan strategi eksplanatoris sekuensial (squential explanatory strategy). Populasi dalam penelitian ini adalah semua TKW PLRT di Mesir. Sampel yang diambil sejumlah 209 responden dengan menggunakan teknik Convenience sampling. Teknis analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM).

            Hasil temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa responden yang tidak memiliki status pekerjaan sebelumnya, akan cenderung memiliki persepsi atau sikap yang lebih baik terhadap profesi TKW PLRT. Dorongan dari lingkungan sekitar baik sponsor/calo, keluarga maupun teman yang menyetujui, mengharapkan, menganjurkan, maupun mengajak untuk menjadi TKW merupakan faktor yang penting dalam meningkatkan niat menjadi TKW khususnya di Mesir.

 

Kata kunci: Theory Planned of Behaviour, Teori Migrasi, Tenaga Kerja Wanita Indonesia, Mesir

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : DISERTASI_T431302005_NURFAIZI SUWANDI.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Tulus Haryono, M.Ek
2. Prof. Dr. Sangidu, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis