Penulis Utama : Ardi Harwiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Aspek kewanitaan dalam serat gandrung asmara (suatu tinjauan sosiologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0100003-2004
Subyek : FIKSI-SEJARAH DAN KRITIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Alasan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah (1) Judul serat ini menarik dan sesuai dengan isinya yang berhubungan dengan perasaan cinta seorang raja. (2) Serat ini telah dikerjakan secara filologis dan belum pernah dikerjakan secara sastra. Berdasarkan penelitian sebelumnya SGA kemudian dikaji secara sastra dengan pendekatan struktural dan sosiologi sastra.

Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimanakah struktur SGA yang berbentuk tembang macapat yang meliputi tema, amanat, dan penokohan. Penokohan dalam hal ini adalah Raden Ayu Sekar Kedhaton menurut PB IX dalam dimensi fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Disamping itu juga dengan analisis strata norma yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia dan lapis metafisis? (2) Bagaimanakah wanita Jawa ideal menurut PB IX? (3) Bagaimanakah relevansi wanita ideal Jawa dalam SGA terhadap jaman sekarang?

Bertolak dari rumusan masalah tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan struktur SGAyang berbentuk tembang macapat yang meliputi tema, amanat, dan penokohan, yaitu Raden Ayu Sekar Kedhaton menurut PB IX dalam dimensi fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Disamping itu juga strata norma dalam SGA yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia dan lapis metafisis. (2) Mendeskripsikan wanita Jawa ideal menurut PB IX. (3) Mendeskripsikan relevansi wanita Jawa ideal dalam SGA terhadap jaman sekarang.

Manfaat dari penelitian ini mencakup dua hal, yaitu (1) Manfaat Teoretis. Manfaat Teoretis penelitian adalah menambah dan mengembangkan wawasan ilmu-ilmu sastra serta memperkuat teori-teori yang sudah ada. (2) Manfaat Praktis. Manfaat praktis penelitian adalah memberikan data bagi peneliti berikutnya dan informasi bagi masyarakat yang membacanya, khususnya mengenai nilai-nilai/ ajaran kewanitaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan bentuk deskriptif kualitatif. Sumber data yang dipergunakan untuk penelitian ini adalah Serat Gandrung Asmara karya PB IX, yang terdapat dalam bendel naskah Rerepen Anggitan Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kaping IX, yang telah dikerjakan secara filologis oleh RM. Prasetyo Tejokusumo, mahasiswa Sastra Daerah UNS, dalam skripsinya pada tahun 1996. Data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primernya adalah isi yang meliputi struktur dan aspek-aspek ajaran yang termuat dalam SGA, mengacu pada hasil penelitian secara filologis terhadap SGA yang telah dikerjakan oleh RM. Prasetyo Tejokusumo, mahasiswa Sastra Daerah UNS, dalam skripsinya yang berjudul “Serat Gandrung Asmara (Suatu Tinjauan Filologis)” pada tahun 1996. Data sekundernya diambil dari dokumen dalam bentuk buku yang relevan digunakan untuk referensi atau acuan, selain itu juga rekaman hasil wawancara, sebagai informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis), teknik kepustakaan (library research), dan teknik wawancara. Sedangkan, teknik analisis dilakukan dengan analisis interaktif.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Struktur SGA meliputi tema, amanat, penokohan, lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia, dan lapis metafisis. (2) SGA mengungkapkan tentang aspek kewanitaan, yaitu tentang wanita Jawa ideal. (3) Wanita ideal adalah wanita yang bisa terus mengembangkan dirinya sesuai dengan perubahan dan perkembangan jaman. Ajaran kewanitaan dalam SGA masih relevan untuk diterapkan pada masa sekarang.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sahid Teguh Widodo, S. S, M. Hum
2. Dra. Sundari, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa