Penulis Utama : Aulia Rahmawati
NIM / NIP : K1210012
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan,(1) diksi yang terdapat pada kumpulan puisi Bangsal Sri Manganti karya Suminto A. Sayuti; (2) gaya bahasayang terdapat pada kumpulan puisi Bangsal Sri Manganti karya Suminto A. Sayuti; (3) citraan yang terdapat pada kumpulan puisi Bangsal Sri Manganti karya Suminto A. Sayuti; dan (4) nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kumpulan puisi Bangsal Sri Manganti karya Suminto A. Sayuti.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa dokumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan sebagai berikut. (1) Diksi yangdigunakan dalam kumpulan puisi Bangsal Sri Manganti karya Suminto A. Sayuti, yaitu:kata konkret sebanyak 43 data (31%), kata konotatif sebanyak 45 data (32%), kata denotatif sebanyak 13 data (9%), kata serapan bahasa Jawa sebanyak18 data (13%), dan kata sapaan khas diri sebanyak 20 data(14%). (2) Gaya bahasa yang digunakan dalam kumpulan puisi Bangsal Sri Manganti karya Suminto A. Sayuti, yaitu personifikasi sebanyak 30 data (35%), metafora sebanyak 18 data (21%), repetisi sebanyak 14 data (17%), simile sebanyak 10 data (12%), anafora sebanyak 4 data (5%), klimaks sebanyak 3 data (4%), hiperbola sebanyak 2 data (2%), dan masing-masing 1 data (1%) untuk sinestesia, alegori, antitesis, dan oksimoron.(3) Citraan yang terdapatdalam kumpulan puisi Bangsal Sri Manganti karya Suminto A. Sayuti, yakni citraan penglihatan sebanyak 37 data (45%), citraan pendengaran sebanyak 31 data (37%), citraan perabaan sebanyak 12 data (15%), citraan penciuman sebanyak 2 data (2%), dan citraan pengecapan sebanyak 1 data (1%). (4) Nilai pendidikan yang terdapat dalam kumpulan puisi Bangsal Sri Manganti karya Suminto A. Sayuti, antara lain: nilai pendidikan agama sebanyak 6 data(43%), nilai pendidikan moral sebanyak5 data (36%), dan nilai pendidikan sosial sebanyak 3 data (21%).
Dari hasil temuan penelitian ini, diperoleh simpulan diksi dominan yang digunakan dalam kumpulan puisi Bangsal Sri Manganti adalah kata konotatif. Gaya bahasa yang dominan yang digunakan dalam kumpulan puisi Bangsal Sri Mangantiadalah personifikasi. Citraan dominan yang digunakan dalam kumpulan puisi Bangsal Sri Manganti adalah citraan penglihatan. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kumpulan puisi Bangsal Sri Mangantiadalah nilai pendidikan agama.
Kata kunci: stilistika, nilai pendidikan, diksi, gaya bahasa, citraan

×
Penulis Utama : Aulia Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1210012
Tahun : 2015
Judul : Kajian Stilistika dan Nilai Pendidikan Kumpulan Puisi Bangsal Sri Manganti Karya Suminto A. Sayuti
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1210012-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko W, S.S., M.Hum.
2. Drs. Edy Suryanto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.