Penulis Utama : Faizal Nurrohman
NIM / NIP : D1512027
×

ABSTRAK
Persaingan dunia industri atau perusahaan kini semakin ketat sehingga setiap perusahaan harus berfikir keras dalam mempertahankan maupun mengembangkan perusahaannya. Salah satu faktor dalam mempertahankan maupun mengembangkan perusahaan adalah dengan tersedianya barang perlengkapan. Agar barang perlengkapan dapat membantu kelancaran aktifitas organisasi maka diperlukan manajemen pengadaan barang yang baik. Barang perlengkapan memiliki peranan yang besar yaitu sebagai pendukung dalam setiap aktifitas kantor. kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan manajemen pengadaan barang perlengkapan adalah yang berkenaan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengadaan barang perlengkapan pada bagian Quality Control (QC) di PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories. Penulis tugas akhir ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif yaitu pengamatan yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menafsirkan secara cermat dan sistematis mengenai kegiatan keadaan yang terjadi di tempat pengamatan. Sumber data yang digunakan meliputi narasumber, peristiwa atau aktifitas, tempat dan arsip. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan oleh penulis adalah model analisis interaktif.
Hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis menunjukan bahwa manajemen pengadaan barang perlengkapan pada bagian Quality Control (QC) di PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories sudah baik. Hal tersebut terlihat dari perencanaan yang dilakukan sudah matang dan telah dibantu dengan software ERP (Enterprise Resources Planning) Konimex. Selain itu dalam pembagian kerja juga sudah sesuai dengan tugas masing-masing jabatan maupun divisi. Sehingga tidak ada mis komunikasi tentang pembagian kerja. Dari perencanaan dan pembagian kerja yang baik membuat pelaksanaan pengadaan barang perlengkapan berjalan lancar. Justru yang harus dibenahi adalah penyimpanan barang perlengkapan yang belum begitu diperhatikan sehingga terlihat kurang rapi.
Kata kunci : Manajemen, Pengadaan barang perlengkapan, Quality Control
ABSTRACT
Competition in industrial world or among companies is getting tighter so that any company should think hard in either maintaining or developing its company. One of factors in maintaining or developing company is the availability of equipment. For the equipment procurement to help the smoothness of organization activity, a good luggage procurement management is required. The equipment plays a big part in supporting any office activities. The activities related to equipment procurement are those related to planning, organization, movement and supervision.
This research aimed to find out how the management of equipment procurement was on Quality Control division (QC) at PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories. The writer employed a descriptive qualitative observation, the one aiming to describe and to interpret precisely and systematically about the condition activity occurring in observation site. The data sources used were informant, event or activity, place, and archive. Meanwhile, the techniques of collecting data used were interview, observation, document study, and documentation. Technique of analyzing data used was an interactive model of analysis.
The result of observation conducted by the writer showed that the equipment procurement management on Quality Control (QC) at PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories had been good. It could be seen from the mature planning helped with (Enterprise Resources Planning) software Konimex. In addition, job division had been consistent with individual posts or divisions. Therefore, miscommunication would not occur concerning job division. The good job planning and division led to the smoothly running equipment procurement. Meanwhile, the equipment storage remained to be improved because it had not been considered adequately, so that it seemed to be less tidy.
Keywords: Management, Equipment Procurement, Quality Control

×
Penulis Utama : Faizal Nurrohman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1512027
Tahun : 2015
Judul : Manajemen Pengadaan Barang Perlengkapan pada Bagian Quality Control (QC) di PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1512027-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hj. Lestariningsih, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.