Penulis Utama : Muhammad Rijal
NIM / NIP : F0110085
×

ABSTRAKSI
Krisis ekonomi Asia pada tahun 1997/1998 mengakibatkan  pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang berjalan sangat lambat. Dalam rangka mewujudkan rencana-rencana pembangunan yang mengarah pada peningkatan pertumbuhan ekonomi untuk mengembalikan perekonomian seperti sedia kala, pemerintah mengahadapi suatu masalah terbatasnya modal yang dimiliki untuk pembiayaan pembangunan. Kebijakan Penanaman Modal Asing (PMA) adalah salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri  dan ekspor terhadap variabel dependen Produk Domestik Bruto.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Vector Error Correction Model (VECM). Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri dan ekspor Indonesia dengan periode penelitian dari tahun 1990-2013.
Hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan ditemukan adanya pengaruh yang positif antara Penanaman Modal Asing terhadap Produk Domestik Bruto di Indonesia. Sedangkan untuk Penanaman Modal Dalam Negeri dan ekspor memiliki pengaruh yang negatif terhadap Produk Domestik Bruto di Indonesia.
Pengoptimalan peran Penanaman Modal Asing yang masuk ke Indonesia dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah perekonomian Indonesia. Seperti mengisi kekurangan di dalam tenaga kepemimpinan, jiwa kewirausahaan, dan pengetahuan teknik sehingga tercipta transfer teknologi, keahlian manajemen yang juga dapat dimanfaatkan pemerintah dan sektor swasta dalam pengembangan perusahaan-perusahaan dan peningkatan kualitas ekspor dalam negeri.
Kata kunci: Penanaman Modal Asing, pertumbuhan ekonomi, Vector Error Correction Model.
ABSTRACT
Asian economic crisis in 1997/1998 led to a slowly running-economic growth in developing countries. In the attempt of realizing the development plans oriented to improving the economic growth to recover the economy, the government encountered a problem of limited capital it has for funding the development. Foreign investment policy is one of the government’s attempts of dealing with such the problems. This research aimed to find out the effect of independent variable (foreign direct investment, domestic capital investment, and export) on dependent variable (Gross Domestic Product).
This study was conducted using Vector Error Correction Model (VECM). The data used in this study were Foreign Direct Investment, Domestic  Capital Investment, and export in Indonesia during the research period of 1990-2013.
The result of research and analysis conducted, it could be found the positive effect of Foreign Dirrect Investment on Gross Domestic Product in Indonesia. Meanwhile, the Domestic Capital Investment affected negatively the Gross Domestic Product in Indonesia.
The optimization of Foreign Direct Investment entering into Indonesia could be an alternative to dealing with Indonesian economic problems. For example, dealing with the inadequate number of leadership personnel, entrepreneurship spirit, and technical knowledge in order to create technology transfer, management skill that could also be utilized by government and private sector in developing companies and improving the quality of domestic export.
Keywords: Foreign Direct Investment, Economic Growth, Vector Error Correction Model

×
Penulis Utama : Muhammad Rijal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0110085
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Penanaman Modal Asing (PMA) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (Periode Tahun 1990-2013)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0110085-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Agung Setyo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.