Penulis Utama : Miranti Putri Kurniasari
NIM / NIP : F3112044
×

ABSTRAKSI
Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui dan memahami yang lebih mendalam mengenai  sistem pembayaran ekspor yang dilakukan oleh perusahaan PT Rakabu Furniture dalam kegiatan ekspornya. Perusahaan menggunakan sistem pembayaran dengan Letter of Credit (L/C). Melalui penelitian ini diharapkan dapat diidentifikasi kelebihan dan kelemahan sistem pembayaran yang diterapkan oleh PT Rakabu Furniture.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu metode yang menggambarkan bagaimana penggunaan Letter of Credit pada PT Rakabu Furniture. Data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pihak PT Rakabu Furniture, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku referensi yang relevan dengan masalah penelitian dan berbagai sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Letter of Credit pada PT Rakabu Furniture dengan menggunakan Irrevocable sight karena Letter of Credit dianggap cara paling aman bagi perusahaan dan mempunyai resiko lebih sedikit jika menggunakan L/C jenis tersebut.
Saran yang dapat diberikan kepada PT Rakabu Furniture oleh penulis dalam sistem pembayaran menggunakan Letter of Credit, sebaiknya perusahaan memperhitungkan dengan rinci   biaya-biaya yang dikeluarkan dalam penggunaan L/C agar tidak mengalami kerugian dalam mengurus masalah dokumen ekspor terutama dokumen keuangan. Khususnya L/C diharapkan bisa lebih teliti, maka perlu dilakukan pengawasan atau kontrol berulang-ulang yang lebih dan memilih orang-orang yang profesional dibidangnya.
Kata Kunci : Sistem Pembayaran, Letter of Credit, PT Rakabu Furniture
ABSTRACT
The purpose of the research is to understand on the system the payment of export behavior by the association PT Rakabu Furniture in the activities of export. Company uses the payment system with a letter of credit (L/C). Through research was expected to be identified the advantages and weakness of the system a payment that is applied by PT Rakabu Furniture.
The research method uses are descriptive qualitative is the method that describe how the use of a letter of credit at all the data used in writing this is the primary and secondary. Data collected through a live interview with PT Rakabu Furniture, meanwhile, based on data obtained from secondary reference book with the relevant research and various sources.
Based on research results can be concluded that the use of a letter of credit in PT Rakabu Furniture with the use of irrevocable sight because of a letter of credit considered the safest way for the company and have the risk is little if the kind of using L/C.
The suggestions can be given to PT Rakabu Furniture by the writer in the payment system using a letter of credit, the company should take into account with detailed expenses incurred in the use of  L/C so as not experienced a loss in the care of the problem of export documents especially financial document. Especially L/C is expected to more carefully , then need to be of supervision or control over and over and select those professionals in the field.
Keyword : Payment System, Letter of Credit, PT Rakabu Furniture

×
Penulis Utama : Miranti Putri Kurniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3112044
Tahun : 2015
Judul : Sistem Pembayaran Ekspor Dengan Letter Of Credit Pada Pt Rakabu Furniture Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Perdagangan-F3112044-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.