Penulis Utama : Syarifah
NIM / NIP : K5111058
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pendekatan pembelajaran antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis mata pelajaran dan tematik terpadu dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan dan ketrampilan matematika di SLB/ B YRTRW Surakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen One Group Pretest – Posttest Design dengan desain penelitian perbandingan (comparative study). Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas IV SLB/ B YRTRW tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data kompetensi pengetahuan dan ketrampilan matematika sebelum dan setelah pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran berbasis mata pelajaran dan tematik terpadu. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji – t berpasangan (paired t – test), yaitu dengan membandingkan penguasaan kompetensi pengetahuan dan ketrampilan matematika antara pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran berbasis mata pelajaran dan tematik terpadu. Hasil analisis data diperoleh thitung = -9,375 berada di bawah batas signifikansi atas dasar taraf signifikansi 5 % adalah -9,325 atau -9,375 < -9,325 (thitung < ttabel). Hipotesis yang berbunyi : “Ada perbedaan efektivitas pendekatan pembelajaran antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis mata pelajaran dan tematik terpadu dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan dan ketrampilan matematika di SLB/ B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015” tidak diterima kebenarannya. Simpulan hasil penelitian ini adalah ada perbedaan efektivitas pendekatan pembelajaran antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis mata pelajaran dan tematik terpadu dalam meningkatkan prestasi belajar matematika di SLB/ B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015.
Kata kunci: Pendekatan pembelajaran , Anak tunarungu, Matematika.
ABSTRACT
This study aims to determine the difference in effectiveness between the learning approach using subject-based learning approach and thematic integrated in improving the competence of mathematical knowledge and skills in SLB / B YRTRW Surakarta. The research method used was experimental one group pretest - posttest design with study comparative design. The subjects are deaf students in grade IV SLB / B YRTRW school year 2014/2015, amount to 8 students. Data collection techniques is  test. The test is used to collecting data of mathematical knowledge and skills competency before and after learning through subject-based learning approach and integrated thematic. The data analysis technique is paired t - test, by comparing the competency mastery of knowledge and skills mathematics between subject-based learning approach and integrated thematic. Results of data analysis obtained t = -9.375 below the limit of significance on the basis of significance level of 5% is -9.325 or -9.375 <-9.325 (t count Key word: learning approach, deaf children, mathematics.

×
Penulis Utama : Syarifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5111058
Tahun : 2014
Judul : Perbedaan Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Berbasis Mata Pelajaran dan Tematik Terpadu untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan dan Ketrampilan pada Mata Pelajaran Matematika Anak Tunarungu Kelas IVB di SLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5111058-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi
2. Drs. Hermawan, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.