Penulis Utama : Agung Tri Atmoko
NIM / NIP : D1512005
×

ABSTRAK
Untuk menunjang proses ekspor maka dibutuhkan dokumen-dokumen untuk membantu kelancaran eksportir dalam mengekspor produk-produknya. Salah satu dokumen tersebut adalah Surat Keterangan Asal (Certificate of Origin), yang disingkat SKA. SKA merupakan dokumen penunjang yang membuktikan bahwa produk yang diekspor tersebut berasal, dihasilkan, dan diolah di Indonesia sehingga Negara yang menjadi tujuan ekspor tidak ragu dalam menerima ekspor Indonesia.
Tujuan pengamatan yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui bagaimana penerbitan surat keterangan asal sebagai dokumen resmi ekspor oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Surakarta. Jenis pengamatan yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif. Pengamatan ini mengambil lokasi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Surakarta. Sumber data diperoleh dari narasumber (informan), peristiwa atau aktifitas, dokumen dan arsip, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil yang diperoleh dari pengamatan yang penulis lakukan adalah Penerbitan SKA menggunakan sistem e-SKA yang merupakan penyempurnaan dari penerbitan secara elektronik sebelumnya. Secara garis besar prosedur penerbitan dengan mengguanakan sistem e-SKA dimulai dari registrasi, Proses ini mencakup registrasi secara online oleh eksportir/pengusaha, verifikasi dokumen registrasi, dan approval data registrasi selanjutnya Pengajuan Permohonan SKA, Proses ini mencakup tahapan-tahapan yang dilakukan pada saat permohonan SKA yaitu mengajukan SKA via web, verifikasi data dan dokumen pendukung, persetujuan terhadap data, eksportir mencetak SKA, petugas IPSKA menerima dokumen SKA dan pendukungnya, petugas mendata dan menverifikasi dokumen pengajuan, petugas melakukan verifikasi dokumen asli dengan data yang ada di sistem e-SKA, approval terhadap permohonan, penandatanganan dan stempel serta penyerahan dokumen SKA pada eksportir.
Kata Kunci : penerbitan, SKA
ABSTRACT
To support the export process, documents are needed to help the exporter exports its products smoothly. One of documents is Certificate of Origin, abbreviated CO (SKA); CO is the supporting document proving that the product comes, is produced, and is processed in Indonesia so that the export destination state receives Indonesian export unhesitatingly.
The objective of research was to find out the certificate of origin publication as the official document of export by Industrial and Trading Service of Surakarta City. The data source derived from informant, event and activity, document and archive; technique of analyzing data used was data reduction, data display, and conclusion drawing and verification.
The result of research showed that the publication of CO was conducted using e-CO system constituting the accomplishment of previous e-CO publication. Overall, the publication procedure using e-CO started from registration; this process involved registration online by exporter/employer, registration document verification, and registration data approval. The next step was filing CO application; this process involve the stages conducted during CO application including filing the CO application via web, verifying the data and supporting document, data approval, CO printing by exporter, IPSKA officer receiving CO document and supporting document,  the officer registering and verifying application document, the officer verifying original document with the existing data in e-CO system, application approval, signing, and stamp, as well as CO document submission to exporter.
Key word : publication, certificate of origin

×
Penulis Utama : Agung Tri Atmoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1512005
Tahun : 2015
Judul : Penerbitan Surat Keterangan Asal Sebagai Dokumen Ekspor Oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1512005-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto.S.Sos.M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.