Penulis Utama : Anindya Pandan Arum
NIM / NIP : F3412013
×

ABSTRAK
Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penyampaian SPT melalui e-Filingdi KPP Pratama Sukoharjo, untuk mengetahui perkembangan penyampaian SPT secara e-Filing dan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman Wajib Pajak dan ketertarikan Wajib Pajak terhadap e-Filing.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif dan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan di tempat penelitian yaitu di KPP Pratama Sukoharjo, wawancara dengan fiskus dan kuesioner terhadap 30 WP.
Penyampaian SPT secara e-Filing lebih menghemat biaya dan tidak memerlukan banyak waktu untuk datang dan mengantre di TPT. WP hanya perlu koneksi internet dan PC untuk menyampaikan SPT selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah aplikasi e-Filing diciptakan untuk mempermudah WP dalam penyampaian SPT melalui media elektronik, masih banyak WP yang belum mengerti dan memahamie-Filing, tetapi sebagian besar dari WP tersebut tertarik untuk menyampaikan SPT secara e-Filing dikemudian hari.
Kata kunci: SPT, e-Filing.
ABSTRACT
The purpose of this research is to know the implementation of delivery notification letter (SPT) via e-Filing in KPP Pratama Sukoharjo, to know the progress of delivery SPT via e-Filing and to find out how much understanding and interest of taxpayers to deliver SPT via e-Filing.
The method used is a method of qualitative data analysis and descriptive data through observations in KPP Pratama Sukoharjo, interviews with tax authorities and questionnaire to 30 taxpayers.
The result of the research are delivery of SPT via e-Filing save costs and do not require a lot of time to come and queue at the integrated service (TPT). Taxpayers just need an internet connection and a PC to deliver the notification letter for 24 hours a day and 7 days a week.
The conclusion of this research are e-Filing application was created to facilitate the taxpayers to delivery SPT through electronic media, there are still many taxpayers who do not understand e-Filing, but most of them are interested of delivery their SPT via e-Filing later.
Keywords : e-Filing, SPT.

×
Penulis Utama : Anindya Pandan Arum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3412013
Tahun : 2015
Judul : Analisis Penyampaian Surat Pemberitahuan Melalui E-Filing di KPP Pratama Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Perpajakan-F3412013-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Kusumaningdyah Adiati, S.E.,M.M.,Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.