Penulis Utama : Cyntia Devi Hidayati
NIM / NIP : K1211019
×

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi dengan menerapkan metode quantum writing dan (2) meningkatkan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi dengan menerapkan metode quantum writing.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kebakkramat pada pertengahan bulan Februari 2015 sampai akhir bulan Maret 2015. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII B dan siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kebakkramat. Data berupa RPP, foto, hasil tulisan siswa, catatan lapangan, daftar nilai, dan catatan hasil wawancara. Sumber data meliputi: tempat dan peristiwa, informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui analisis dokumen, observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Indikator ketercapaian sebesar 75%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survai awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode quantum writing dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi ditandai dengan meningkatnya keaktifan, perhatian, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan metode quantum writing dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi kelas VII B SMP Negeri 1 Kebakkramat. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dilakukan selama dua siklus. Pada pratindakan jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 17 siswa (51,5%) dengan nilai rata-rata sebesar 66,9. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥75 meningkat menjadi 21 siswa (61,7%) kenaikan sebesar 10,2% dengan nilai rata-rata kelas adalah 74,9. Peningkatan ini belum mencapai ketuntasan klasikal, yakni 75% maka dilanjutkan pada tahap siklus II. Pada siklus II siswa dapat mencapai nilai ≥75 sebanyak 28 siswa dengan persentase 82,3% dan rata-rata kelas meningkat menjadi 80,4. Pada siklus II ini pencapaian nilai baik kualitas proses maupun keterampilan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi telah mencapai ketuntasan, yakni ≥75%.
Kata kunci: teks wawancara, paragraf narasi, kualitas proses, metode quantum writing

×
Penulis Utama : Cyntia Devi Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211019
Tahun : 2015
Judul : Penerapan Metode Quantum Writing untuk Meningkatkan Keterampilan Mengubah Teks Wawancara Menjadi Paragraf Narasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1211019-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yant Mujiyanto, M. Pd.
2. Drs. Amir Fuady, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.