Penulis Utama : Sulistyo Henry Purwoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0105048
Tahun : 2015
Judul : Bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga (Kajian Geografi Dialek)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Daerah-C0105048-2015
Subyek : BAHASA JAWA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Perumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah variasi unsur-unsur bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga, baik secara fonologis, morfologis, maupun leksikal? (2) bagaimanakah leksikon khas bahasa Jawa Purbalingga? (3) bagaimanakah peta penyebaran unsur-unsur bahasa Jawa Purbalingga?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan variasi unsur-unsur bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga, baik secara fonologis, morfologis, maupun leksikal? (2) mendeskripsikan leksikon khas Bahasa Jawa Purbalingga. (3) memetakan variasi unsur-unsur bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Purbalingga. Sumber data penelitian berasal dari informan terpilih, yang berupa tuturan bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga. Sumber data penelitian berasal dari sumber lisan yang berasal informan terpilih yang berupa tuturan dalam pemakaian bahasa sebagai alat komunikasi sehari-hari, serta sumber tertulis yang berupa kamus, buku, dan kuesioner. Data penelitian yaitu data lisan sebagai data primer dan data tulis sebagai data sekunder, yang berupa kata, frasa, dan kalimat yang memiliki variasi fonologis, morfologis, semantik, mapupun leksikal.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan tuturan bahasa Jawa dengan segala aspek yang digunakan oleh informan sebagai penutur bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsive sampling.
Metode pengumpulan data adalah metode simak dan metode cakap. Metode simak menggunakan teknik dasar berupa teknik sadap, dan teknik lanjutannya berupa teknik simak libat cakap dan teknik simak bebas libat cakap. Metode cakap menggunakan teknik dasar berupa teknik pancing dan teknik lanjutanya berupa teknik cakap semuka, teknik cakap tansemuka, teknik rekam, dan teknik catat.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) variasi dialektal yang berupa fonologis ditemukan variasi vokal tunggal variasi vokal lebih dari satu, variasi dengan penambahan bunyi, variasi dengan penghilangan bunyi, variasi dengan perubahan letak bunyi variasi konsonan tunggal, variasi konsonan ganda, variasi konsonan ganda dengan konsonan tunggal, dan variasi campuran konsonan dengan vokal. Variasi morfologis, ditemukan proses morfologis dengan afiksasi dan reduplikasi. Variasi leksikal, ditemukan variasi onomasiologis, dan variasi semasiologis. (2) leksikon khas BJP sebanyak 81 leksikon khas dari 166 leksikon BJP yang diperbandingkan. (3) peta variasi dialektal BJP ditemukan 166 peta. Berdasarkan perhitungan dialektometri, di Kabupaten Purbalingga ditemukan adanya perbedaan dialek, terdapat di Kabupaten Purbalingga daerah utara, perbedaan subdialek, terdapat di Kabupaten Purbalingga daerah tengah, dan perbedaan wicara terdapat di Kabupaten Purbalingga daerah selatan.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. HALAMAN JUDUL.pdf
2. BAB I .pdf
3. BAB II .pdf
4. BAB III .pdf
5.BAB IV.pdf
8.BabV.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Mulyati, M.Hum.
2. Drs. Y. Suwanto, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa