Penulis Utama : Zulfikar Saad Octa Panama
NIM / NIP : F0211108
×

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji peran religiusitas dalam memoderasi pengaruh dari kualitas layanan, citra rumah sakit, dan kepuasan pasien dalam loyalitas pasien di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Surakarta.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Sampel yang dibutuhkan sebanyak 250 pasien yang berniat untuk loyal. Teknik konvenien dipilih berdasarkan kemudahan dalam pengambilan sampel.
Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk mengetahui kualitas suatu data. Model persamaan struktural merupakan metode statistik yang dipilih untuk menjelaskan hubungan antar variabel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dan citra rumah sakit mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien dan loyalitas pasien. Dan religiusitas memoderasi hubungan antara kualitas layanan, citra rumah sakit, dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Surakarta.
Dalam penelitian ini terdapat keterbatasan dan implikasi dijelaskan untuk memberikan pemahaman dalam aspek teoritis, praktis, dan studi lanjutan.
Kata kunci: kualitas layanan, citra rumah sakit, kepuasan pasien, religiusitas, loyalitas pasien, rumah sakit.
ABSTRACT
The purpose of this study is to examine the role of religiosity as moderator effect of service quality, hospital image, and patient satisfaction on patient loyalty in PKU Muhammadiyah Surakarta Islamic Hospital.
Survey is a method conducted to collect the data. In this study, sample consists of 250 patient who have intention to loyal on PKU Muhammadiyah Surakarta Islamic Hospital. Convenience technique is a method chosen to make easier in getting the sample.
Validity and reliability test were done to make a certain the quality of data. Structural equation model is statistical method choosen to elaborate the linkage among unobserved variable. The result show that service quality and hospital image has a significant influence toward patient satisfaction and patient loyalty. Religiosity is moderating service quality, hospital image, and patient satisfaction tpward patient loyalty on PKU Muhammadiyah Surakarta Islamic Hospital.
In this study, both limitations and implication are also discussed order to insight toward theorical, practical, and future research aspects.
Keyword : service quality, hospital image, patient satisfaction, religiosity, patient loyalty, islamic hospital.  

×
Penulis Utama : Zulfikar Saad Octa Panama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0211108
Tahun : 2015
Judul : Bagaimana Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Terbentuk? (Survey di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Manajemen-F0211108-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Haryanto, M.M,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.