Penulis Utama : Risma Widyawati
NIM / NIP : F0111070
×

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga bitcoin pada periode 13 Agustus 2010 – 31 Desember 2014. Penelitian ini menggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel-variabel yang ditentukan terhadap pergerakan harga bitcoin.
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data harian yang dmulai dari 17 Agustus 2010 – 31 Desember 2013. Data yang digunakan merupakan data sekunder dan diperoleh dari Blockchain.info yang kemudian dilakukan uji unit root untuk mengetahui stasioneritas variabel. Variabel-variabel yang digunakan yaitu harga bitcoin, total bitcoin, kapitalisasi pasar, biaya per transaksi dan jumlah transaksi.
Hasil dari uji Johanson menunjukkan bahwa harga bitcoin paling besar dipengaruhi oleh harga bitcoin pada hari sebelumnya. Variabel-variabel lain seperti jumlah bitcoin, kapitalisasi pasar, jumlah transaksi dan biaya per transaksi juga mempengaruhi pembentukan harga bitcoin namun kisarannya masih sangat kecil.     
Kata kunci: Bitcoin, VECM, Cryptocurrency, Digital Currency, Blockchain,
ABSTRACT
The purpose of this research is to determine bitcoin price from Aug 17 2010 until 31 Dec 2014. This research using Vector Error Correction Model to estimate how much each variables affect bitcoin price.
This research uses secondary data that obtain from Blockchain.info. Variables uses in this research consist of bitcoin prize, total bitcoin, market capitalization, cost per transaction, and total transaction. Unit root test is used to verify if the data uses is stationer or not.
Johanson test shows that bitctoin prize has the most impact on bitcoin prize itself. Meanwhile another variables such as market capitalization, total bitcoin, cost per transaction and total transaction has more less impact on bitcoin price.
Key words: Bitcoin, VECM, Cryptocurrency, Digital Currency, Blockchain.
 

×
Penulis Utama : Risma Widyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0111070
Tahun : 2015
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Bitcoin Periode 17 Agustus 2010–31 Desember 2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0111070-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riwi Sumantyo, S.E., M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.