Penulis Utama : Tony Faisal Adi
NIM / NIP : D1212074
×

Humas perguruan tinggi di era globalisasi dan era otonomi pendidikan dituntut untuk mampu membangun image positif terhadap lembaga dengan berbagai medium, salah satunya menggunakan media televisi. Humas Universitas Sebelas Maret memanfaatkan televisi sebagai media untuk mempromosikan UNS ke ranah global sebagai bagian dari image building perguruan tinggi, dengan nama UNS Menyapa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas UNS dalam merencanakan, mengkoordinasikan dan mengemas program UNS Menyapa. Peneliti menfokuskan pada humas sebagai penanggung jawab penuh dalam program ini, selain itu juga terhadap pihak TATV yang menjadi rekan kerja dalam penanyangan, serta pihak pejabat UNS yang menjadi narasumber di UNS Menyapa, dikarenakan merekalah yang menjadi bagian penting dalam program tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskirptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi narasumber. Studi deskriptif yang diteliti tertuju pada komunikasi antara humas, pihak TATV dan narasumber UNS Menyapa. Penelitian ini menjelaskan tentang strategi humas UNS dalam peranan melaksanakan program UNS Menyapa, sebagai bentuk penyampain informasi sekaligus mempromosikan berbagai macam hal positif tentang UNS yang disampaikan kepada publik. Disiarkan setiap hari Senin pukul 16:30 WIB di televisi lokal TATV dan dapat dilihat secara streaming disitus www.tatv.com/streaming dan www.youtube.com dengan keyword UNS Menyapa.
Dari kesimpulan yang didapat Strategi dalam pelaksanaan UNS Menyapa, Humas mengacu pada proses perencanaan strategis yang diawali oleh Fact Finding, Planing–Decision, Action–Communication, Evalution. UNS Menyapa secara tidak langsung menjadi media untuk penilaian visitasi akreditasi bagi program studi atau unit kerja yang diangkat/menjadi tema program. Karena sosialisasi kepada masyarakat menjadi acuan dari penilain tersebut. saran yang dapat diberikan oleh penelitian ini adalah bagaimana humas sebaiknya dapat lebih mengembangkan dan memanfaatkan UNS Menyapa secara menyeluruh dari segi penyiaran dan pemasaran melalui streaming TATV dan Youtube, promosi/iklan disetiap minggunya dan mengajak SDM dari UNS dalam bidang komunikasi, broadcasting dan seni untuk berperan serta dalam peningkatan program UNS Menyapa. Sehingga secara keseluruhan program ini berdampak positif terhadap semua element universitas sehingga berpengaruh terhadap image building UNS.
Keyword: Humas, Televisi, Strategi, Image Building

×
Penulis Utama : Tony Faisal Adi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1212074
Tahun : 2015
Judul : Image building perguruan tinggi ( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Universitas Sebelas Maret Melalui Program “UNS Menyapa” di TATV Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1212074-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widodo Muktiyo S.E.,M.Com
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.