Penulis Utama : Asih Damanti
NIM / NIP : K8111010
×

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman terhadap bentuk geometri melalui menggambar bentuk pada anak kelompok B TK PGRI Plumbungan tahun pelajaran 2014/2015.
Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap pertemuan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK PGRI Plumbungan tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 28 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode yang meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes (Lembar Kerja Anak). Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber melalui guru, rekaman atau video mengenai aktivitas dalam proses pembelajaran melalui kegiatan menggambar bentuk, dan triangulasi metode melalui metode observasi, tes dalam bentuk lembar kerja, dokumentasi. Proses analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan menggambar bentuk dapat meningkatkan pemahaman terhadap bentuk geometri pada anak kelompok B TK PGRI Plumbungan tahun pelajaran 2014/2015. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar dan ketuntasan anak yang terus meningkat, dengan adanya peningkatan prosentase hasil belajar yang diperoleh anak kelompok B TK PGRI Plumbungan dari keadaan awal sampai kondisi akhir. Peneliti sebelum melakukan tindakan diperoleh 42,86% atau 12 anak yang berhasil memperoleh nilai tutas (v) dan 16 anak tidak tuntas (X) dalam membedakan bentuk-bentuk geometri. Setelah diterapkan kegiatan menggambar bentuk, pada siklus I pertemuan pertama diperoleh hasil 43,48 % atau 10 anak yang memperoleh nilai tuntas (v) dan 13 anak tidak tuntas (X) dari 23 anak yang masuk, pada siklus I pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 52 % atau 13 anak yang berhasil memperoleh nilai tuntas (v) dan 12 anak tidak tuntas (X) dari 25 anak yang masuk. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama diperoleh hasil 64 % atau 16 anak yang memperoleh nilai tuntas (v) dan 9 anak tidak tuntas (X) dari 25 anak yang masuk, pada siklus II peremuan kedua diperoleh hasil 88% atau 22 anak yang berhasil memperoleh nilai tuntas (v) dan 3 anak tidak tuntas (X) dari 25 anak yang masuk.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan menggambar bentuk dapat meningkatkan pemahaman terhadap bentuk geometri pada anak kelompok B TK PGRI Plumbungan tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci : menggambar bentuk, pemahaman bentuk geometri.

×
Penulis Utama : Asih Damanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8111010
Tahun : 2015
Judul : Upaya meningkatkan pemahaman terhadap bentuk geometri melalui menggambar bentuk bagi anak kelompok b tk pgri plumbungan tahun pelajaran 2014 / 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.8111010-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hj. Siti Wahyuningsih, M. Pd
2. Drs. Sutijan, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.