Penulis Utama : Andri Octaviani
NIM / NIP : S991402001
×

Andri Octaviani. PENGARUH EFIKASI DIRI, PEMEBELAJARAN KEWIRAUSHAAN, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI SURAKARTA TAHUN 2015, Tesis. Pembimbing 1: Prof. Dr. Sigit Santosa, M.Pd., Pembimbing 2: Dr. Wiedy Murtini, M.Pd. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret, Oktober. 2015.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh efikasi diri terhadap niat berwirausaha siswa program keahlian pemasaran SMK Negeri Surakarta. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap niat berwirausaha siswa program keahlian pemasaran SMK Negeri Surakarta. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan terhadap niat berwirausaha siswa program keahlian pemasaran SMK Negeri Surakarta. 4) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh interaksi efikasi diri, pengetahuan kewirusahaan, dan lingkungan sekolah secara bersam-sama terhadap niat berwirausaha siswa program keahlian pemasaran SMK Negeri Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri Surakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 211 siswa diambil dari rumus Taro Yamame dan Slovin kemudian diambil secara proposional sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linier ganda.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Efikasi diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat berwirausaha sebesar 0,000, 2) Pembelajaran kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat berwirausaha terhadap niat berwirausaha sebesar 0,003, 3) Lingkungan sekolah memiliki yang signifikan terhadap niat berwirausaha terhadap niat berwirausaha sebesar 0,000, 4) Terdapat pengaruh secara signifikan interaksi Efikasi Diri, Pembelajaran Kewiraushaan, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Niat Berwirausaha. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dapat dikatakan bahwa 20,7% niat berwirausaha siswa SMK Negeri Surakarta dapat dipengaruhi oleh variabel efikasi diri, pembelajaran kewirausahaan, dan lingkungan sekolah. Selanjutnya sisanya yaitu 79,3% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor sosio demografi, faktor sikap, dan faktor kontekstual

×
Penulis Utama : Andri Octaviani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991402001
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Efikasi Diri, Pembelajaran Kewirausahaan, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Niat Berwirausaha Siswa Pada Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Pendidikan Ekonomi S991402001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santosa, M.Pd
2. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.