Penulis Utama : Husniyati Sajalia
NIM / NIP : R1114054
×

Latar Belakang: Pengetahuan tentang premenstrual syndrome erat kaitannya dengan kemampuan mengetahui derajat premenstrual syndrome untuk remaja putri guna menangani gejala premenstrual syndrome yang dialami. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan remaja putri tentang premenstrual syndrome dengan derajat premenstrual syndrome.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling sejumlah 123 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji kendall-tau (t) dengan bantuan SPSS.
Hasil: Pengetahuan remaja putri tentang premenstrual syndrome di SMA N 5 Surakarta sebagian besar dalam katagori cukup yaitu 70 responden (56,9%) dan untuk derajat premenstrual syndrome sebagian besar dalam katagori sedang yaitu 81 responden (65,9%). Hasil analisis dengan uji kendall-tau (t) diperoleh nilai nilai R= 0.470 dan nilai p= 0.000.
Kesimpulan: Ada hubungan pengetahuan remaja putri tentang premenstrual syndrome dengan derajat premenstrual syndrome di SMA N 5 Surakarta.
Kata Kunci : Pengetahuan, remaja putri, derajat premenstrual syndrome.

 

×
Penulis Utama : Husniyati Sajalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1114054
Tahun : 2015
Judul : Hubungan pengetahuan remaja putri tentang premenstrual syndrome dengan derajat premenstrual syndrome di sma n 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan-R.1114054-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Anggarini, S.SiT.,M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.