Penulis Utama : Nugraheni Sulistya Ningrum
NIM / NIP : K1211045
×

Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMK N 4 Sukoharjo Jurusan TBB C tahun ajaran 2014/1015 dengan penerapan metode drill. Kedua, untuk meningkatkan keterampilan menyunting karangan argumentasi pada siswa kelas X SMK N 4 Sukoharjo Jurusan TBB C tahun ajaran 2014/2015 dengan penerapan metode drill.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TBB C SMK N 4 Sukoharjo yang berjumlah 29 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dalam pembelajaran menyunting dapat meningkatan kualitas proses (minat belajar) dan hasil pembelajaran menyunting karangan argumentasi pada siswa kelas X TBB C SMK Negeri 4 Sukoharjo. Peningkatan kualitas proses pembelajaran tampak pada aktivitas siswa selama berlangsungnya proses pembelajaran meyunting karangan dengan metode drill. Aktivitas siswa yang mengidentifikasikan kualitas proses antara lain (1) keaktifan siswa saat apresepsi mengalami peningkatan dari awal siklus hingga siklus II, yakni 3 siswa (12%) pada awal siklus, 13 siswa (48%) pada siklus I,dan 24 siswa (83%) pada siklus II; (2) keaktifan dan perhatian siswa saat mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dari awal siklus hingga siklus II, yakni 6 siswa (21%) pada awal siklus, 12 siswa (44%) pada siklus I, dan 26 siswa (89%) pada siklus II; (3) minat dan motivasi siswa saat pembelajaran mengalami peningkatan dari awal siklus hingga siklus II, yakni 11 siswa (37%) pada siklus I, 20 siswa (74%) pada siklus I, dan 23 siswa (79%) pada siklus II. Penerapan metode drill juga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menyunting karangan argumentasi. Hal ini ditandai dengan nilai rata- rata menyunting karangan argumentasi siswa yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus I, nilai rata- rata siswa mencapai 74,6 dan siklus II 82,6.

 

×
Penulis Utama : Nugraheni Sulistya Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211045
Tahun : 2015
Judul : Peningkatan minat belajar dan keterampilan menyunting karangan argumentasi melalui penerapan metode drill pada siswa kelas x smk n 4 sukoharjo jurusan tbb c tahun ajaran 2014/ 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K.1211045-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
2. Atikah Anindyarini, S.S.,M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.