Penulis Utama : Fathoni Firmansyah
NIM / NIP : A131302003
×

Fathoni Firmansyah. A131302003. 2015. Kajian Efektivitas Pengolahan Air Minum Menggunakan Campuran Lempung Dan Andisol Untuk Menjerap Logam Berat Kadmium (Cd) Dan Bakteri Patogen. Pembimbing I Dr. Pranoto, M.Sc., Pembimbing II Inayati, S.T.,M.T,Ph.D. Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi semua mahluk hidup. Keberadaan polutan logam berat salah satunya kadmium (Cd) di dalam badan air merupakan masalah lingkungan yang memberi dampak negatif terhadap kualitas sumber air. Adsorpsi merupakan salah satu cara atau metode yang sering digunakan untuk pengolahan air limbah menjadi air bersih. Lempung dan andisol digunakan sebagai penjerap (adsorben) ion logam kadmium (Cd) dengan metode batch. Teknologi penjernih air menggunakan filter keramik digunakan untuk mengurangi kandungan logam kadmium (Cd) dan bakteri patogen dalam air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi lempung dan andisol, suhu aktivasi dan waktu kontak terhadap kapasitas adsorpsi logam kadmium (Cd) dalam larutan model, kondisi optimum adsorpsi dan efektivitas pengolahan air minum sesuai Permenkes menggunakan adsorben campuran lempung dan andisol dalam menjerap logam kadmium (Cd) dan bakteri patogen.

Identifikasi dan karakterisasi adsorben dilakukan dengan uji NaF, Spektroskopi infra merah (FTIR), difraksi sinar-x (XRD), luas permukaan spesifik dan keasaman total spesifik. Konsentrasi logam kadmium (Cd) dianalisis dengan spektroskopi serapan atom. Isoterm adsorpsi ditentukan dengan persamaan Freundlich dan Langmuir. Teknologi penjernih air dimodifikasi menggunakan filter keramik yang dibuat dengan komposisi campuran lempung dan andisol.

Hasil penelitian menunjukkan sampel lempung dan andisol mengandung mineral-mineral alofan. Kondisi optimum adsorpsi dicapai pada suhu aktivasi 200oC, waktu kontak 60 menit dan komposisi adsorben 60:40% lempung berbanding andisol. Isoterm Freundlich mewakili adsorpsi kadmium (Cd) pada adsorben lempung dan andisol dengan koefisien determinasi (R2) (0,98) dan konstanta (k) (1,59), lebih tinggi dibandingkan Langmuir. Hasil pengukuran menunjukkan teknologi penjernih air menggunakan filter keramik efektif menurunkan kandungan logam kadmium (Cd) yaitu sebesar 99% dan bakteri patogen dalam air yaitu sebesar 100%.

  

×
Penulis Utama : Fathoni Firmansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A131302003
Tahun : 2015
Judul : Kajian Efektivitas Pengolahan Air Minum Menggunakan Campuran Lempung Dan Andisol Untuk Menjerap Logam Berat Kadmium (Cd) Dan Bakteri Patogen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Ilmu Lingkungan
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Ilmu Lingkungan A131302003-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Pranoto, M.Sc.,
2. Inayati, S.T.,M.T,Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.