Penulis Utama : Putra Sastaman B
NIM / NIP : A121308031
×

Sport Development Index adalah cara untuk mengukur kemajuan pembangunan olahraga melalui empat indikator yaitu: (1) Indeks Ruang terbuka, (2) Indeks Sumber Daya Manusia, (3) Indeks Partisipasi Masyarakat, (4) Indeks Kebugaran Jasmani. Tujuan penelitiannya adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimanakah ketersediaan ruang terbuka olahraga bagi masyarakat di Kota Pontianak, 2) Bagaimanakah kuantitas dan kualitas sumber daya manusia keolahragaan Kota Pontianak, 3) Bagaimanakah tingkat partisipasi masyarakat dalam berolahraga, 4) Bagaimanakah tingkat kebugaran jasmani masyarakat.
Penelitian dilaksanakan di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat dengan mengambil 3 kecamatan sebagai wilayah penelitian yaitu: Kecamatan Pontianak Kota, Kecamatan Pontianak Barat, dan Kecamatan Pontianak Utara, dengan jumlah sampel 270 orang. Setiap kecamatan diambil 90 orang yang dibagi menjadi 3 kelompok usia yaitu: 30 orang usia anak-anak terdiri dari 15 laki dan 15 perempuan, 30 orang usia remaja terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan, serta 30 orang usia dewasa terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini adalah penelitian studi evaluasi dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Kuesioner dan Tes Multistage Fitness Test (MFT).
Hasil pembangunan olahraga Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat tahun 2014 disimpulkan sebagai berikut: 1) Nilai indeks ruang terbuka adalah 0,429. 2) Nilai indeks SDM adalah 0,001. 3) Nilai indeks Partisipasi masyarakat adalah 0,455. 4) Nilai indeks Kebugaran jasmani adalah 0,323. Dari keempat nilai indeks tersebut maka didapatlah nilai indeks pembangunan olahraga kota Pontianak yaitu 0,302, nilai ini jika ditinjau dari norma SDI berada pada rentang angka 0,000-0,499, artinya bahwa pembangunan olahraga kota Pontianak masih berada pada kategori rendah.
Kesimpulannya bahwa Pembangunan olahraga Kota Pontianak masih berada pada ketegori rendah, oleh karena itu banyak hal yang perlu diperhatikan dan dibenahi oleh pemerintah kota untuk memajukan pembangunan olahraga di kota Pontianak.
Kata Kunci: Pembangunan Olahraga, Ruang Terbuka, Sumber Daya Manusia, Partisipasi Masyarakat, dan Kebugaran Jasmani

 

×
Penulis Utama : Putra Sastaman B
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121308031
Tahun : 2015
Judul : Pembangunan olahraga kota pontianak provinsi kalimantan barat ditinjau dari sport development index (sdi) (Studi Evaluasi tentang Ruang Terbuka, Sumber Daya Manusia, Partisipasi Masyarakat dan Tingkat Kebugaran Jasmani)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A.121308031-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.