Penulis Utama : Dinar Kusumaning Ayu
NIM / NIP : F0111023
×

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh GDP per kapita, kurs riil serta jumlah penduduk terhadap jumlah volume ekspor komoditas alas kaki Indonesia ke Amerika Serikat, Inggris, Belgia, Jepang dan Jerman pada tahun 2002 – 2013.
Metode penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa variabel GDP per kapita negara pengimpor, kurs riil negara pengimpor, jumlah penduduk negara pengimpor dan volume ekspor alas kaki Indonesia pada tahun 2002 – 2013. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel untuk mengetahui pengaruh masing – masing variabel dan menggunakan uji Chow dan uji Hausman untuk pemilihan model terbaik.
Hasil dari penelitian diperoleh sebuah model persamaan Y= 2889,87+0,389-185,60+0,013. Model persamaan ini menunjukan bahwa adanya pengaruh positif GDP per kapita negara pengimpor, terdapat pengaruh negatif kurs riil negara pengimpor dan tidak adanya pengaruh dari jumlah penduduk negara pengimpor terhadap volume ekspor komoditas alas kaki Indonesia ke negara pengimpor pada tahun 2002 - 2013.
Saran yang dapat penulis berikan bagi pelaku bisnis alas kaki diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk komoditas alas kaki agar meningkatkan volume ekspornya. Bagi pemerintah diharapkan membuat kebijakan dengan lebih baik lagi guna menarik investor lebih banyak lagi serta pelaku bisnis alas kaki hendaknya bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan perhatian khusus pada kebijakan yang berkaitan dengan produksi industri manufaktur terutama alas kaki agar kualitas produk alas kaki Indonesia meningkat.
Kata Kunci: Ekspor, Komoditas Alas Kaki, Data Panel.

×
Penulis Utama : Dinar Kusumaning Ayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0111023
Tahun : 2015
Judul : Analisis pengaruh gdp per kapita, kurs riil, dan jumlah penduduk terhadap volume ekspor alas kaki indonesia ke Amerika Serikat, Inggris, Belgia, Jepang dan Jerman pada tahun 2002-2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F.0111023-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S.E, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.