Penulis Utama : Suprapti
NIM / NIP : S811402049
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan (1) kondisi Awal pembelajaran kelas V di SD 1 Bae Kudus; (2) pola perencanaan penerapan model pembelajaran PAIKEM kelas V di SD 1 Bae Kudus; (3) pola pelaksanaan penerapan model pembelajaran PAIKEM kelas V di SD 1 Bae Kudus; (4) kendala penerapan model pembelajaran PAIKEM kelas V di SD 1 Bae Kudus; (5) cara mengatasi kendala pada penerapan model pembelajaran PAIKEM kelas V di SD 1 Bae Kudus; (6) hasil penerapan model pembelajaran PAIKEM kelas V di SD 1 Bae Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi Awal pembelajaran kelas V di SD 1 Bae Kudus adalah metode pembelajaran masih berpusat pada guru; (2) pola perencanaan penerapan model pembelajaran PAIKEM kelas V SD 1 Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus adalah dengan menyiapkan perangkat pembelajaran seperti Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kriteria Ketuntasan Minimal Mata Pelajaran, merencanakan evaluasi, remidi dan pengayaan; (3) pola pelaksanaan penerapan model PAIKEM kelas V SD 1 Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus sudah sesuai dengan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kriteria Ketuntasan Minimal Mata Pelajaran, merencanakan evaluasi, remidi dan pengayaan; (4) kendala-kendala penerapan model pembelajaran PAIKEM di SD 1 Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus adalah pada sarana prasarana, keterbatasan meja pada laboratorium multimedia di sekolah; (5) cara mengatasi kendala dan hambatan dalam pembelajaran PAIKEM kelas V SD 1 Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus adalah bahwa guru dan kepala sekolah selalu memberikan motivasi dan peringatan kepada siswa supaya proses pembelajaran dapat terkendali. (6) hasil penerapan model pembelajaran PAIKEM adalah siswa menjadi aktif, kritis dan kreatif. Kelas menjadi produktif, menyenangkan dan tidak membosankan.
Kata Kunci: Pembelajaran, PAIKEM, Sekolah Dasar.

×
Penulis Utama : Suprapti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811402049
Tahun : 2015
Judul : Penerapan model pembelajaran paikem kelas v di sekolah dasar 1 Bae Kecamatan Bae Kudus
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Teknologi Pendidikan-S.811402049-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd
2. Dr. Djono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.