Penulis Utama : Bilta Khoirunnisa
NIM / NIP : K8411018
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan penggunaan metode Team Games Turnament (TGT) dan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap prestasi belajar sosiologi siswa (2) Pengaruh penggunaan metode Team Games Turnament (TGT) dan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap prestasi belajar sosiologi siswa (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan metode metode Team Games Turnament (TGT) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap prestasi belajar sosiologi siswa. Adapun penelitian dilakukan pada kelas XI IIS di SMA Negeri 2 Cepu. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif dengan bentuk penelitian semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Cepu Tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian sebanyak dua kelas diambil dengan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan penggunaan metode TGT dan STAD terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Cepu. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa ada perbedaan mean sebesar 6,66667. Perbedaan ini merupakan selisih dari mean metode TGT yaitu sebesar 78,93 dengan mean metode STAD yaitu sebesar 72,27 dengan ?= 0,000 (sangat signifikan). (2) Ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran TGT dan STAD terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Cepu, Hal ini dapat dilihat dari harga t sebesar 4,301 dengan tingkat signifikansi 0,000 (sangat signifikan). (3) Besar pengaruh metode TGT dan STAD terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Cepu sebesar 15%.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan penggunaan metode Team Games Turnament (TGT) dan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Cepu. Nilai rata-rata kelas metode Team Games Turnament (TGT) lebih tinggi daripada nilai rata-rata pada kelas metode Student Team Achievement Divisions (STAD). Metode belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sosiologi siswa yaitu sebesar 15% . Selebihnya sebesar 85% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Namun, besarnya pengaruh tersebut tidak menjamin berasal dari metode pembelajaran yang telah diterapkan.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Sosiologi, Metode Team Games Turnament (TGT), Metode Student Team Achievement Divisions (STAD).

 

×
Penulis Utama : Bilta Khoirunnisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8411018
Tahun : 2015
Judul : Komparasi metode pembelajaran tgt dan metode pembelajaran stad terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas xi program jurusan iis di sma negeri 2 cepu tahun pelajaran
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K.8411018-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Noor Muchsin Iskandar, M.Pd
2. Dr. Rer.nat.Nurhadi S.Ant M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.