Penulis Utama : Fahriza Luthfiandi
NIM / NIP : F0311049
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh dan perbedaan etika Islam pada kualita laba perusahaan di indonesia, yang diproksikan dengan variabel dummy yaitu perusahaan syariah dan non-syariah terhadap abnormal cash flow, abnormal production, dan abnormal discretionary expense, pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI untuk melihat adanya kualitas laba yang menggunakan earning management sebagai pengukurnya.
Sampel penelitian ini menggunakan 8 perusahaan syariah dan 107 perusahaan non-syariah yang konsisten terdaftar di BEI pada tahun 2009-2013. Metode pemilihan sample yang digunakan adalah purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linier berganda dan uji t independen yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS versi 21.00.
Hasil pengujian regresi pada penelitian ini menunjukkan bahwa etika Islam memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba pada abnormal cash flow, abnormal production, dan abnormal discretionary expense, sehingga menunjukkan kualitas laba yang tinggi antara perusahaan syariah dan non-syariah dalam kualitas laba yang ditunjukkan pada earning management.
Kata Kunci: Etika Islam, Kualitas laba, Manajemen Laba, Manajemen Laba Aktivitas Riil.

 

×
Penulis Utama : Fahriza Luthfiandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0311049
Tahun : 2015
Judul : Etika islam dan kualitas laba perusahaan publik di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F.0311049 -2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arif Lukman Santoso, S.E., M.M., Master Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.