Penulis Utama : Lucia Ani Kristanti
NIM / NIP : S541302059
×

Latar Belakang : Prestasi belajar merupakan hasil dari proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan siswa. Ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pada penelitian ini, faktor internal yang diteliti adalah motivasi sedangkan faktor eksternal adalah metode pembelajaran.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata kuliah kesehatan reproduksi ditinjau dari motivasi belajar mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun tingkat I semester II yang sedang mendapatkan perkuliahan kesehatan reproduksi sebanyak 98 mahasiswa terbagi 2 kelas, sampel penelitian diambil 1 kelas dengan jumlah 51 mahasiswa, dimana kelompok kontrol 26 mahasiswa dan kelompok eksperimen 25 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis anava.
Hasil : Nilai F (metode ceramah dan metode penugasan) = 10,83 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari a < 0,05 yaitu 0,002 artinya ada pengaruh metode pembelajaran ceramah dan penugasan terhadap prestasi belajar mata kuliah kesehatan reproduksi. Nilai F (motivasi belajar yang rendah dan tinggi) = 10,22 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari a < 0,05 yaitu 0,002 artinya ada pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar mata kuliah kesehatan reproduksi. Nilai F_interaksi = 4,49 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari a < 0,05 yaitu 0,039, artinya ada interaksi pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata kuliah kesehatan reproduksi ditinjau dari motivasi belajar.
Kesimpulan : Ada pengaruh metode pembelajaran ceramah dan penugasan terhadap prestasi belajar mata kuliah kesehatan reproduksi. Ada pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar mata kuliah kesehatan reproduksi. Ada interaksi pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata kuliah kesehatan reproduksi ditinjau dari motivasi belajar.
Kata Kunci : metode ceramah, metode penugasan, motivasi dan prestasi belajar

 

×
Penulis Utama : Lucia Ani Kristanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S541302059
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata kuliah kesehatan reproduksi ditinjau dari motivasi belajar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Kedokteran Keluarga
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S.541302059-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hari Wujoso, dr., Sp.F., MM
2. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.