Penulis Utama : Sandhi Purba Wardhana
NIM / NIP : K5110060
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bermain drama terhadap peningkatan kepercayaan diri anak tunanetra di SMP MIS Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel yang dipilih peneliti adalah seluruh siswa tunanetra kelas IX SMP MIS Surakarta yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah interactive model Miles dan Hubermean.
Berdasarkan penelitian terbukti bahwa proses bermain drama efektif dalam mengelola kepribadian anak tunanetra dari yang sebelumnya kurang percaya diri menjadi lebih percaya diri, ditunjukkan dari peningkatan kepribadian anak tunanetra setelah bermain drama yaitu memiliki rasa aman saat berhadapan dengan orang lain, memiliki ambisi normal ditandai munculnya cita-cita dari anak, selain itu anak lebih bertanggung jawab dengan tugas-tugasnya, tidak terlalu bergantung dengan orang lain atau mandiri, optimis, dan lebih toleransi dengan temannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bermain drama efektif terhadap peningkatan kepercayaan diri anak tunanetra di SMP MIS Surakarta tahun 2014/2015.
Kata kunci: Bermain Drama, Kepercayaan Diri, Tunanetra

 

×
Penulis Utama : Sandhi Purba Wardhana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5110060
Tahun : 2015
Judul : Efektifitas Bermain Drama Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Tunanetra di SMP Mis Surakarta Tahun Ajaran2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5110060-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.