Penulis Utama : Armada Dwika Panji Kusuma
NIM / NIP : M3112027
×

Augmented reality (AR) merupakan salah satu teknologi informasi dibidang multimedia yang dalam penerapannya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Salah satu pengembangan dari bidang tersebut terdapat pada dunia bisnis, sebagai sarana pemasaran yang lebih interaktif, inovatif dan komunikatif. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah guna menciptakan aplikasi yang dapat menjadikan desain pada merchandise kaos lebih menarik, interaktif, dan informatif dengan teknologi Augmented reality berbasis android.
Pembuatan aplikasi ini menggunakan software antara lain yaitu Unity3D, plugin Vuforia untuk membuat augmented reality, Autodesk 3ds Max 2011 untuk pembuatan objek 3D, Adobe Photoshop CS6, CorelDRAW X6 untuk membuat desain layout dan marker. Konsep dari aplikasi ini yaitu menampilkan objek 3 dimensi mengenai UNS dari sebuah desain merchandise kaos, jika penanda terdeteksi kamera smartphone android maka objek akan ditampilkan dilayar kamera. Kemudian akan muncul informasi dan terdapat berbagai menu interaktif, yang dapat di gunakan untuk mengelola objek 3 dimensi yang muncul tersebut.
Kata kunci : android, augmented reality, kaos, multimedia, virtual reality

 

×
Penulis Utama : Armada Dwika Panji Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3112027
Tahun : 2015
Judul : Pemanfaatan desain kaos, augmented reality dan virtual reality sebagai sarana promosi, informasi dan hiburan berbasis android
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2015
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Prog. D III Teknik Informatika-M.3112027-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firma Sahrul Bahtiar, S.Kom., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.