Penulis Utama : Elin Khaeriyah
NIM / NIP : K7111054
×

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model resource based learning dengan pendekatan scientific, 2) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPA tema tempat tinggalku tentang sumber daya alam melalui penerapan model resource based learning dengan pendekatan scientific, dan 3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model resource based learning dengan pendekatan scientific dalam peningkatan pembelajaran IPA tema tempat tinggalku tentang sumber daya alam di kelas IV SDN 1 Klapasawit.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Sumber data berasal dari peneliti, observer, guru, siswa, dan dokumen. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, check list, lembar tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model resource based learning dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan pembelajaran tema tempat tinggalku pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 1 Klapasawit karena penerapan langkah-langkah model resource based learning dengan pendekatan scientific sesuai dengan skenario; 2) penerapan model resource based learning dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan pembelajaran tema tempat tinggalku pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 1 Klapasawit. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil dan proses belajar siswa tiap siklus. Pada siklus I persentase siswa yang mencapai KKM sebanyak 70%, pada siklus II menjadi 86,7%, dan pada siklus III menjadi 96,7%; dan 3) kendala yang muncul dalam pelaksanaan penelitian yaitu waktu untuk menggunakan sumber belajar masih kurang efektif dan masih ada siswa yang kurang percaya diri untuk bertanya atau memberikan pendapat sehingga hanya siswa-siswa tertentu yang aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Adapun solusi yang diambil berdasarkan kendala tersebut yaitu perlu perencanaan yang matang tentang cara penggunaan sumber belajar yang ada sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan dan memberikan kesempatan kepada siswa yang kurang aktif untuk bertanya maupun menyampaikan pendapat.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model resource based learning dengan pendekatan scientific yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang benar dapat meningkatkan pembelajaran IPA tema tempat tinggalku siswa kelas IV SDN 1 Klapasawit Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Resource Based Learning, pendekatan scientific, pembelajaran, IPA

 

×
Penulis Utama : Elin Khaeriyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111054
Tahun : 2015
Judul : Penerapan model resource based learning (rbl) dengan pendekatan scientific dalam peningkatan pembelajaran ipa tentang sumber daya alam pada siswa kelas iv sdn 1 klapasawit tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111054-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warsiti, M. Pd
2. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.