Penulis Utama : Aghny Laily Harisna
NIM / NIP : F0311003
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan bukti empiris tentang kelayakan opini going concern yang diberikan oleh auditor kepada klien auditnya. Penilaian kelayakan opini going concern menggunakan model Altman Z-Score dan opini audit tahun sebelumnya (prior opinion). Opini dikatakan layak apabila nilai Z-Score yang dimiliki perusahaan sesuai dengan opini yang diberikan oleh auditor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel diambil dengan metode purposive sampling, yang menjadi sampel tahun 2011: 100 perusahaan, tahun 2012: 97 perusahaan, dan pada tahun 2013: 96 perusahaan. Metode analisis data dilakukan dengan tabulasi menggunakan Ms. Excel, dan dibantu dengan SPSS 16 untuk statistik deskriptif dan tabulasi silang (crosstab). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa opini going concern dengan kriteria ke satu, ke dua, dan ke lima sudah layak. Untuk opini non going concern dengan kriteria tiga dan lima juga sudah layak, namun untuk kriteria ke empat (perusahaan yang seharusnya menerima opini going concern tetapi mendapatkan opini non going concern) opini non going concern masih belum layak.
Kata Kunci: opini going concern, Altman Z-Score, Opini Audit Tahun Sebelumnya
ABSTRACT
This study aims to understand and to obtain empirical evidence about the properness of issuing going concern opinion given by auditors. The properness of issuing going concern opinions assessed by Altman Z-Score and prior audit opinion. Opinion may proper if the result of Altman Z-Score fit with their auditor opinion. Population of this study consist of listed manufacture companies in Indonesia Stock Exchange. Sampling method is purposive sampling. The number of sample is 100, 97, 96 for 2011, 2012, 2013 respectively. Method for analysis uses tabulation with Microsoft Excel and also SPSS 16. The result show that going concern opinions are proper based on number one criteria, number two criteria, and number five criteria. In forms of non going concern opinion, the opinion based on number three criteria and number five criteria are proper as well. In contrast, the non going concern opinions based on number four criteria are improper it’s means that companies should receive going concern opinion, but get non going concern opinion.
Keywords: going concern opinion, Altman Z-Score, prior audit opinion

×
Penulis Utama : Aghny Laily Harisna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0311003
Tahun : 2015
Judul : Kelayakan Pemberian Opini Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F0311003-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subekti Djamaluddin, M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.