Penulis Utama : Anindya Pramura Wardani
NIM / NIP : D0211008
×

ABSTRAK
Perkembangan internet saat ini berimbas pada munculnya media sosial dalam berbagai bentuk. Setelah Friendster, Facebook, Twitter, dan Instagram, saat ini muncul media sosial baru yang bernama Path. Path hadir dengan menawarkan tiga nilai utama yang tercermin dalam fitur-fiturnya. Tiga nilai utama tersebut yakni, simplicity, quality, dan privacy. Hingga saat ini, Path merupakan satu-satunya media sosial yang tertutup dan membatasi jumlah teman, guna memberi kenyamanan lebih pada penggunanya. Perempuan yang selama ini selalu menjadi pihak nomor dua dalam berbagai aspek, seakan mendapatkan peluang baru untuk mengekspresikan dirinya melalui media sosial. Path yang hadir sebagai media tertutup seharusnya menjadi tempat untuk membuka jati diri penggunanya, terutama pengguna perempuan. Namun, pada kenyataannya, perempuan tetap melakukan konstruksi identitas yang dilakukan dalam account Path mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi identitas yang di lakukan oleh perempuan di account media Path, melalui level text dan level konvirmasi. Pemilihan perempuan dewasa awal pada penelitian ini dilatar belakangi oleh dua alasan, yakni perempuan dewasa awal sebagai pengguna internet terbanyak dan masa dewasa awal merupakan masa transisi dimana perempuan tengah mengalami perubahan secara fisik dan psikis, sehingga banyak keputusan besar yang diambil pada masa tersebut.Peneliti menggunakan analisis studi kasus kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman untuk menjelaskan dan menggambarkan bagaimana bentuk – bentuk konstruksi identitas yang dilakukan.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah konstruksi diri dapat dimulai dari pemilihan foto dan nama yang dimunculkan dalam akun Path pengguna. Kemudian strategi konstruksi identitas yang yang muncul adalah strategi ingratiation, competence, serta exemplification yang tertuanng dalam fitur moment music and movies, moment photo, dan moment place.
Kata Kunci : konstruksi identitas, perempuan dewasa awal, media sosial, Path
ABSTRACT
The development of internet affect to the emergence of social media in various forms. After Friendster, Facebook, Twitter, and Instagram, now appear new soscial media named Path. Path present by offering three main value reflected in their service. Three main value namely, simplicity, quality, and privacy. Until now, path is the only one social media that closed and limiting the number of friend for provide greater comfort in the user.Women whos always became the number two in various aspects, as if get new opportunities to express herself in social media. Path present as a closed media that supposed to be a place to open the identity of  the user , especially for women user. But, in fact, the woman remained do construction identity in their Path account.
This study aims to to see how construction identity do by women in an account of media Path, in text and confirmation level. Election adulthood woman on the this research cause of two reasons, the adulthood women as a most internet users and the early adulthood is a transition where woman was changed in physical and psychological,  an than so many big decision taken at that time.Researchers used case study qualitative with a model interactive Miles and Huberman to explain and describe what was the form of construction identity done .
Which a conclusion can be taken from the study is construction self to start from selection photos and name which is raised in account path users .Then strategy construction identity what emerges is ingratiation strategy , competence , and exemplification of who tertuanng in features moment music and movies , moment photo , and moment place .
Keywords: construction identity, women early adulthood, social media, path

×
Penulis Utama : Anindya Pramura Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211008
Tahun : 2015
Judul : Konstruksi Diri dalam Social Media ( Studi Kasus Konstruksi Identitas Online Perempuan Dewasa Awal dalam Social Media Path di Universitas Sebelas Maret Surakarta )
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0211008-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ch. Heny Dwi Surwati, S.Sos., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.