Penulis Utama : Puspa Fitria
NIM / NIP : G0111068
×

ABSTRAK
Kesepian merupakan suatu keadaan mental dan emosional yang dicirikan dengan adanya perasaan-perasaan terasing dan kurangnya hubungan yang bermakna dengan orang lain. Mahasiswa perantau, yang berada pada usia dewasa awal, rentan mengalami kesepian. Ada banyak hal yang mempengaruhi kesepian, diantaranya adalah kualitas persahabatan dan kecerdasan emosi. Kedekatan yang dimiliki individu dengan kualitas persahabatan yang tinggi akan memberikan andil bagi penurunan kesepian, dan kecerdasan emosi yang tinggi akan memudahkan individu menjalin hubungan dengan individu lain sehingga terhindar dari kesepian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas persahabatan dan kecerdasan emosi dengan kesepian, hubungan antara kualitas persahabatan dengan kesepian, dan hubungan antara kecerdasan emosi dengan kesepian pada mahasiswa perantau UNS.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa perantau UNS. Teknik Sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Sampel penelitian berjumlah 100 mahasiswa perantau UNS. Instrumen yang digunakan adalah skala kesepian, skala kualitas persahabatan, dan skala kecerdasan emosi.
Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda didapatkan nilai Fhitung 9,958 > Ftabel 3,09, p < 0,05, dan nilai R = 0,411. Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,169 atau 16,9%, berarti sumbangan efektif kualitas persahabatan sebesar 5,54% dan sumbangan efektif kecerdasan emosi sebesar 11,36%. Secara parsial, tidak ada hubungan antara kualitas persahabatan dengan kesepian (rx1y = 0,185, p > 0,05); serta terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dengan kesepian (rx2y = 0,296, p < 0,05).
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kualitas persahabatan dan kecerdasan emosi dengan kesepian, tidak terdapat hubungan antara kualitas persahabatan dengan kesepian, dan terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dengan kesepian pada mahasiswa perantau UNS. Kualitas persahabatan dan kecerdasan emosi yang tinggi akan menghasilkan tingkat kesepian yang rendah.
Kata kunci: kesepian, kualitas persahabatan, kecerdasan emosi, mahasiswa perantau.
ABSTRACT
Loneliness is a mental and emotional state which is characterized by feelings of alienation and lack of meaningful relationships with others. Boarding students, who are early adults, are prone to loneliness. There are many things that affect loneliness, some of them are friendship quality and emotional intelligence. Intimacy and high friendship quality will take part in decreasing loneliness, and high emotional intelligence will facilitate individual in having relationship with others. Thus will prevent individual from loneliness. The aim of this research was to find out the relation of friendship quality, emotional intelligence and loneliness, the relation between friendship quality and loneliness, and the relation between emotional intelligence and loneliness on boarding students of UNS.
This research is quantitative research. The population of this research were boarding students of UNS. Sampling technique was incidental sampling. This research used 100 boarding students of UNS as sample. The instruments used were: loneliness scale, friendship qualities scale, and emotional intelligence scale.
Data analysis used in this research was multiple regression analysis, resulted F-test 9,958 > F-table 3,09, p < 0,05, and R value = 0,411. R-square value of this research was 0,169 or 16,9%, with details: friendship quality’s contribution to loneliness was 5,54% and emotional intelligence’s contribution to loneliness was 11,36%. Partially, there was not a relation between friendship quality and loneliness (rx1y = 0,185, p > 0,05); and there was a relation between emotional intelligence and loneliness (rx2y = 0,296, p < 0,05).
The conclutions of this research were there was relation of friendship quality, emotional intelligence and loneliness, there was not relation between friendship quality with loneliness, and there was relation between emotional intelligence and loneliness on boarding students of UNS. High friendship quality and emotional intelligence will result in low loneliness.
Key words: loneliness, friendship quality, emotional intelligence, boarding students.

×
Penulis Utama : Puspa Fitria
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0111068
Tahun : 2015
Judul : Hubungan antara Kualitas Persahabatan dan Kecerdasan Emosi dengan Kesepian pada Mahasiswa Perantau UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Psikologi-G0111068-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tuti Hardjajani, M.Si.
2. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Psi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.