Penulis Utama : Sandi Sanjaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0608031
Tahun : 2015
Judul : Ekspresi Wajah Anak - Anak sebagai Sumber Ide dalam Penciptaan Karya Seni Lukis KONSEP PENGANTAR KARYA TA Diajukan untuk Memenuhi sebagian Persyaratan Guna Meraih Gelar Sarjana Seni Program Studi Seni Rupa Murni
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Seni Rupa Murni-C0608031-2015
Subyek : SENI LUKIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Permasalahan yang dibahas dalam Tugas Akhir ini, yaitu (1) Apakah yang dimaksud dengan ekspresi wajah atau mimik pada anak? (2) Mengapa ekspresi pada anak dipakai sebagai subject matter? (3) Bagaimana memvisualisasikan ekspresi wajah atau mimik pada anak kedalam karya seni lukis?
Tujuan Tugas Akhir ini adalah (1) Memvisualisasikan ekspresi wajah atau mimik kejujuran pada anak-anak kedalam karya seni lukis. (2) Menentukan teknik yang tepat untuk mendukung visualisasi tema dalam karya.
Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah Implementasi Teoritik dan Implementasi Visual. Implementasi Teoritik mencakup tinjauan karya secara teoritik dan konseptual penulis. Implementasi Visual mencakup konsep bentuk, medium, dan teknik.
Dasar pembuatan karya seni lukis ini adalah Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal, dan dapat menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya. Ekspresi wajah merupakan salah satu cara penting dalam menyampaikan pesan sosial dalam kehidupan manusia. Menyikapi ekspresi dunia anak-anak untuk divisualisasikan dalam media kanvas, merupakan objek yang telah diolah menjadi bentuk-bentuk yang terdiri dari berbagai figure, hal tersebut diolah dengan penjiwaan, pemikiran, serta pemahaman citarasa yang diterjemahkan dalam daya pikir dan semangat yang memungkinkan adanya sesuatu yang memiliki kegunaan, tatanan, keindahan, atau arti dari sesuatu.
Dalam pembuatan karya seni lukis ini, Penulis melihat dan mengamati dengan jelas ekspresi wajah atau mimik pada anak-anak, dari kehidupan lingkungan sosial sekitar penulis. Dari pengamatan ini terlihat ekpresi yang apa adanya tanpa dibuat-buat. Pemilihan teknik stencil dan kanvas sebagai media untuk memvisualisasikan karya seni. Setiap karya seni membawa estetika tersendiri, maka dalam proses penciptaan sebuah karya seni bisa memakai teknik dan media apa saja.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
IMG_20151123_0001.pdf
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Narsen Afatara, MS.
2. Yayan Suherlan, S.Sn., M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa