Penulis Utama : Riyanto Yuli Pamungkas
NIM / NIP : D1113020
×

ABSTRAK
Penelitian dilatarbelakangi oleh masih banyaknya tanah yang belum mempunyai sertfikat serta dengan adanya inovasi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) melalui program LARASITA diharapkan dapat memberikan kemudahan pelayanan serta akses yang mudah dan cepat dalam pengurusan sertifikasi tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan sertifikasi tanah melalui program LARASITA di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data maka menggunakan trianggulasi data. Analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program LARASITA dalam pelayanan sertifikasi tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang ada yakni pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. (1) Pencapaian Tujuan dilaksanakan sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Jadwal kunjungan serta jadwal petugas juga sudah terorganisir dan berjalan dengan baik. Kemudian Batasan waktu pelayanan pengurusan sertifikat sudah sesuai dengan waktu yang diterima oleh pemohon sertifikat. Sekalipun masih ada beberapa masyarakat pengguna layanan yang belum lengkap dalam berkas persyaratan. (2) Integrasi berkaitan dengan diberikannya prosedur pelayanan sosialisasi terkait pemahaman masyarakat tentang LARASITA, masyarakat khususnya pengguna layanan sudah paham dan mengerti. Sekalipun masih ada beberapa masyarakat merasa kesulitas dalam proses pengurusan sertifikat tanah. (3) Adaptasi yang digunakan petugas LARASITA dalam pelayanan sertfikasi tanah melalui sarana prasarana yang sudah dilengkapi dengan internet. Sekalipun masih ada kendala tidak koneknya internet dengan komputer server.
ABSTRACT
This study was conducted because of many land areas with no certificate and the innovation made by National Land Affairs Agency (BPN) through Larasita is expected to give service and easy and quick access to land certification administration. The objective of research was to find out the effectiveness of land certification service through LARASITA program in Land Affairs Office of Karanganyar Regency.
This study was a descriptive research using qualitative method. Techniques of collecting data used were interview, observation, and documentation. To validate the data, data triangulation was used. Data analysis was carried out using an interactive analysis method.
The result of research showed that LARASITA program in land certification service in Land Affairs Office of Karanganyar Regency had been effective. It could be seen from the existing indicators: objective achievement, integration and adaptation. (1) The achievement of objective was accomplished consistent with the existing regulation. Visit schedule and officer schedule had been organized and had run well. Then, certificate administration service time limit had been consistent with the time accepted by the certificate applicant, although some service users had incomplete required document. (2) Integration concerned the provision of socialization service procedure related to the society’s understanding on LARASITA, in which society, particularly the service users had understood and known. But some people still found difficulty in the process of administering land certificate. (3) Adaptation used by the LARASITA officers in land certification service was the one through infrastructures equipped with internet. But some constraint was still found, namely no internet connection to server computer.

×
Penulis Utama : Riyanto Yuli Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1113020
Tahun : 2015
Judul : Efektivitas Program Larasita dalam Pelayanan Sertifikasi Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi-D1113020-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.