Penulis Utama : Sri Indayani
NIM / NIP : S851302070
×

ABSTRAK
Luas dan keliling bangun datar merupakan salah satu materi dalam pembelajaran matematika kelas VII di tingkat SMP/MTs. Dalam sistem pembelajaran matematika di Indonesia pada umumnya belum menekankan pada pemecahan masalah, melainkan pada hal-hal prosedural. Siswa dilatih menghafal rumus, tetapi kurang memahami dan menguasai penerapannya dalam memecahkan suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemahaman siswa kelas VII MTs, terhadap luas dan keliling bangun datar yang digunakan dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan dilakukan di kelas VII MTsN Ketanggung Ngawi. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang siswa yang dipilih secara purposife yaitu 1orang siswa dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi, 1orang siswa dengan tingkat kecerdasan emosional sedang dan 1 orang siswa dengan tingkat kecerdasan emosional rendah. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik angket, hasil tes tertulis dan wawancara berbasis tugas. Validitas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertujuan untuk mencari dan mengumpulkan data secara langsung dari sumber data, dan Insrumen bantu dalam penelitian ini adalah Instrumen angket kecerdasan emosional, lembar tugas pemahaman siswa, dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1).siswa dengan kecerdasan emosional tinggi masuk pada taraf pemahaman relasional, karena memenuhi semua indikator pemahaman pada taraf pemahaman instrumental dan memenuhi sebagian besar dari indikator pemahaman pada taraf pemahaman relasional, siswa mengerti proses dalam menyelesaikan masalah matematika dan tahu alasan dalam megerjakan perhitungan secara algoritma, siswa belum mencapai pada taraf pemahaman formal, karena siswa belum mampu dalam membuktikan dengan cara lain, dan tidak dapat menafsirkan dengan konsep luas yang lain. (2). siswa dengan kecerdasan emosional sedang masuk pada taraf pemahaman relasional, diketahui siswa kurang hati-hati dalam merubah ukuran luas, dan belum mampu dalam menyajikan konsep luas dan keliling secara representatif, tetapi sebenarnya siswa mampu melakukan perhitungan yang berhubungan dengan luas dan keliling bangun datar, Siswa ini juga memenuhi dari indikator pemahaman pada taraf pemahaman instrumental, dan memenuhi sebagian besar dari indikator pemahaman pada taraf pemahaman relasional, (3). Siswa dengan kecerdasan emosional rendah masuk pada taraf pemahaman instrumental, karena diketahui bahwa siswa dapat memenuhi indikator pemahaman pada taraf instrumental, dan
kurang sempurna dalam indikator pemahaman pada taraf pemahaman relasional, siswa tidak mengerti alasan mengapa dia mengerjakan perhitungan tersebut, siswa hanya dapat mengerjakan soal bentuk rutin, dan tidak dapat menyajikan konsep luas dan keliling secara representatif.
Kata kunci: pemahaman siswa , memecahkan masalah, kecerdasan emosional.
ABSTRACT
Area and perimeter of in plane geometry is one of the materials in mathematics learning in class VII SMP / MTs. In mathematics learning system in Indonesia is generally not emphasized in solving the problem, but on procedural matters. Students are trained to memorize formulas, but less understood and mastered its application in solving a problem. The purpose of this study was to describe the profile of a class VII student understanding of MTs, the area and perimeter of a flat wake used in solving mathematical problems in terms of the level of emotional intelligence.
This study is descriptive and qualitative research conducted in class VII MTsN Ketanggung Ngawi. Research subjects consisted of 3 students were selected at the purposive one students with high levels of emotional intelligence ,one students with emotional intelligence level were and one students with low levels of emotional intelligence. Data collection in this study was done by using a questionnaire, the results of the written test and interview-based tasks. The validity of the data is done by time triangulation. The main instrument in this study is the researchers themselves who aim to seek and collect data directly from the data source, and Instrument help in this research is the emotional intelligence questionnaire instruments, sheet student comprehension task, and interview guides.
The results showed that: (1). students with high emotional intelligence makes the relational level of understanding, because it meets all of the indicators on the level of understanding and instrumental understanding satisfy most of the indicators at the level of understanding of relational understanding, students understand the process of solving mathematical problems and know the reason for doing the calculation algorithm, the student has not reach the level of a formal understanding, because students have not been able to prove in other ways, and can not interpret the broad concept of the other. (2). students with emotional intelligence is being entered on a relational level of understanding, students know less careful in changing large size, and have not been able to present the concepts in the area and perimeter are representative, but in fact the student is able to perform calculations related to area and perimeter of a flat wake, Students this also meet at the level of understanding of the indicators instrumental understanding, and meets most of the indicators at the level of understanding of relational understanding, (3). Students with low emotional intelligence level of understanding entered on the instrumental, because it is known that students can meet the level indicator on instrumental understanding, and less than perfect in the indicators at the level of understanding of relational understanding, students do
not understand the reason why he is doing these calculations, students can only work on the problems form routine, and can not present the concept of area and perimeter of the representative.
Keywords: student understanding, problem solving, emotional intelligence.

×
Penulis Utama : Sri Indayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851302070
Tahun : 2014
Judul : Profil Pemahaman Siswa terhadap Luas dan Keliling Bangun Datar yang Digunakan dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional (Penelitian Pada Kelas VII MTsN Ketanggung Kabupaten Ngawi Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2014
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Pendidikan Matematika-S851302070-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K, M.Sc. Ph.D,
2. Dr. Budi Usodo, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.