Penulis Utama : Kharisma Narendra Aditama
NIM / NIP : I0610017
×

ABSTRAK
Kota Surakarta sebagai wilayah yang terus mengalami perkembangan telah menjadi daya tarik bagi penduduk di sekitar kawasan kota inti. Kawasan Kota Surakarta yang semula tidak padat akan berkembang pesat menjadi wilayah yang padat akan penduduk, akibat dari proses perjalanan yang dihasilkan para pelaku perjalanan khususnya dari pinggiran kota menuju kota inti. Hal ini akan menyebabkan semakin tingginya interaksi antara wilayah pinggiran kota dengan kota inti yang juga akan berdampak pada kemacetan lalu lintas dan kepadatan penduduk khususnya bagi Kota Surakarta sebagai kota inti.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola perjalanan penduduk pinggiran menuju Kota Surakarta sehingga akan dapat digambarkan bagaimana proses perjalanan yang dilakukan para penduduk pinggiran menuju Kota Surakarta, dan dari proses tersebutlah dapat diketahui penanganan yang tepat untuk menanggulangi permasalahan khususnya permasalahan transportasi di wilayah Kota Surakarta dan sekitarnya. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif yang menggambarkan dan mendeskripsikan suatu kondisi yang spesifik dari suatu objek tertentu, dalam hal ini yaitu akan digambarkan secara deskriptif bagaimana pola perjalanan penduduk pinggiran yang terjadi dilihat dari aspek spasial dan aspek aspasial
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa berdasarkan tujuan perjalanan didominasi oleh tujuan bekerja yaitu sebesar 47% penduduk diikuti dengan tujuan pendidikan sebesar 27% dan tujuan berbelanja sebesar 26%. Selanjutnya berdasarkan tingkat pendapatan didominasi oleh penduduk dengan tingkat pendapatan kurang dari 1.145.000 rupiah, mayoritas penduduk telah memiliki kendaraan pribadi serta dominasi usia pelaku perjalanan yaitu antara 15-40 tahun yang dianggap sebagai usia produktif. Berdasarkan sebaran perjalanan diketahui bahwa dominasi guna lahan di Kota Surakarta yaitu perdagangan dan jasa, dan berdasarkan rute perjalanan didominasi penduduk melewati rute-rute jalan penghubung antara Kota Surakarta dengan pinggirannnya. Pada akhirnya dapat diketahui berdasarkan pola perjalanan menunjukan bahwa proses perjalanan yang dihasilkan penduduk pinggiran akan memberikan beban terhadap kawasan Kota Surakarta dan hal ini akan memicu terjadinya kepadatan lalu lintas serta perubahan fungsi ruang pada kawasan Kota Surakarta
Kata Kunci: interaksi wilayah, karakteristik perjalanan,, penelitian deskriptif, pola perjalanan.
ABSTRACT
The city of Surakarta as a region which continues to undergo development has become an attraction for residents around the core city. Surakarta City which was originally not crowded will developed rapidly into densely populated area, impact of the process of trip that conducted by trip doers from suburban to the city core in particular. This would cause due to increasing interaction between suburban area with city core which also have impacts on traffic and population density especially for Surakarta as the core city.
This research was conducted to know the trip patterns of suburban residents to Surakarta City so it will be described how the process of trip conducted by suburban residents to Surakarta City, and from that process of trip can be known proper management to overcome problems especially the transportation problems in Surakarta City and the surrounding areas. This research included in descriptive research which illustrates and describes a specific condition from the certain object, in this case will be portrayed in descriptive how the trip patterns of the process by suburban residents that happened viewed from spatial aspect and aspatial aspect.
The result of this research is based on the purpose of trip dominated by the purpose to working at 47% residents followed by the purpose to education at 27% and the purpose to shopping at 26%. Then based on income level dominated by residents with income level less than 1.145.000 rupiah, majority of residents already have private vehicles and age of trip doers dominated by 15-40 years regarded as productive age. Based on trip distribution is known that land use domination in Surakarta City is trade and services, and based on route march dominated by people pass the south area of Surakarta City and this case will trigger traffic density and the changes of space function in region of Surakarta City.
Keywords: regional interaction, trip characteristics, descriptive research, trip patterns.

×
Penulis Utama : Kharisma Narendra Aditama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0610017
Tahun : 2015
Judul : Pola Perjalanan Penduduk Pinggiran Menuju Kota Surakarta Ditinjau dari Aspek Aspasial dan Aspek Spasial
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Perencanaan Wilayah dan Kota
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Perencanaan Wilayah dan Kota-I0610017-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Soedwiwahjono, MT
2. Rufia Andisetyana Putri, ST, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.