Penulis Utama : Isnaini Nur Fadila
NIM / NIP : K7111096
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode Course Review Horay (CRH) dengan media grafis dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD; (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia melalui penggunaan metode Course Review Horay (CRH) dengan media grafis pada siswa kelas V SD; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan metode Course Review Horay (CRH)dengan media grafis dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banyuurip yang berjumlah 18 siswa. Data berasal dari siswa, guru, teman sejawat, peneliti, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penggunaan metode Course Review Horay (CRH) dengan media grafis yaitu: (a) guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai; (b) penyajian materi oleh guru dengan media grafis; (c) pemberian kesempatan tanya jawab kepada siswa; (d) pembagian kelompok secara hetoregen; (e) pengujian pemahaman; (f) pembacaan soal secara acak oleh guru dan siswa menulis jawaban pada kartu atau kotak; (g) guru dan siswa mendiskusikan soal-soal; (h) pemberian tanda check list (v) pada jawaban benar dan berteriak “horee”; (i) penghitungan nilai; (j) pemberian reward kepada kelompok yang memperoleh nilai tertinggi; (2) penggunaan metode Course Review Horay (CRH) dengan media grafis meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Banyuurip tahun ajaran 2014/2015. Pada penilaian hasil belajar siswa siklus I mencapai persentase sebesar 62,5%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,24%, dan meningkat kembali kepada siklus III menjadi 100%; (3) kendalanya adalah beberapa siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dan saat saat pembacaan soal, serta waktu diskusi terlalu lama. Solusinya yaitu siswa diarahkan untuk memperhatikan penjelasan guru dan saat pembacaan soal, serta siswa diarahkan untuk menyelesaikan diskusinya.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode Course Review Horay (CRH) dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Banyuurip tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Course Review Horay (CRH), media grafis, pembelajaran IPS

 

×
Penulis Utama : Isnaini Nur Fadila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111096
Tahun : 2015
Judul : Penggunaan metode course review horay (crh) dengan media grafis dalam peningkatan pembelajaran ips tentang perjuangan kemerdekaan indonesia pada siswa kelas v sdn Banyuurip tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111096-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suripto, M.Pd.
2. Dra. Tri Saptuti S., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.