Penulis Utama : Prayuniar Adhi Permadi
NIM / NIP : D0111069
×

ABSTRAK
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen sampah oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Klaten dalam menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse and Recycle). Dalam menggambarkan Manajemen Sampah di Kabupaten Klaten, maka penulis mengacu pada fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan serta pengawasan.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adaah wawancara yaitu melalui komunikasi langsung dengan pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM. Selain wawancara, penulis menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Untuk dokumentasi yaitu dilakukan dengan membaca dokumen-dokumen yang berhubungan dengan materi penelitian skripsi dan dokumentasi yaitu dengan foto-foto lokasi serta sarana dan prasarana objek penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data interaktif yaitu mereduksi data yang terkumpul untuk kemudian ditarik kesimpulan.
Manajemen Sampah dalam penerapan prinsip 3R (Reduce, Reuse and Recycle) oleh Dinas Pekerjan Umum dan ESDM Kabupaten Klaten adalah baik dan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Klaten No 13 Tahun 2012 tentang pengelolaan sampah. Hal tersebut dapat dilihat dari fungsi-fungsi Manajemen yang dilakukan. Perencanaan yang dilakukan adalah peningkatan pelayanan kebersihan dan persampahan kepada masyarakat melalui sosialisasi tarif retribusi, pengelolaan sampah dari sumbernya dan pemulihan biaya persampahan. Kemudian untuk melaksanakan Manajemen sampah pengorganisasian dilakukan oleh Bidang Kebersihan dan Pertamanan. Penggerakan dilakukan oleh Dinas dengan menggerakan staff dan petugas persampahan. Kemudian pelaksanaan pengelolaan sampah dari mulai pengambilan sampah hingga pengangkutan yang berakhir di TPA. Pengawasan yang dilakukan secara struktural oleh Kepala Dinas. Penerapan pengawasan dilakukan melalui pengelolaan laporan dan kunjungan lapangan. Selain itu pengawasan juga dapat dilihat dari hasil pelaksanaan apakah sudah sesuai dengan rencana.
Kata Kunci: ManajemenSampah, Prinsip 3R
ABSTRACT
This study aims to determine and describe the garbage management by the Department of Public Works and Energy and Mineral Resources Klaten regency in applying the 3Rs (Reduce, Reuse and Recycle). In describing Waste Management in the regency of Klaten, the author refers to the management functions which include planning, organizing, and monitoring.
This study is a qualitative descriptive study. Data collection techniques used is interview through direct communication with the employees of the Department of Public Works and EMR. In addition to interviews, the author uses data collection techniques of observation and documentation. Observation is done by direct observation of the object under study. Documentation is done by reading the documents related to the thesis research material and collecting pictures of the location and infrastructure objects. Data analysis techniques are interactive data analysis, namely reducing the data collected to then be deduced.
Waste management in the application of the 3Rs (Reduce, Reuse and Recycle) by the Department of General and EMR Klaten regency is a good program and it is accordance with Klaten Regency Regulation No. 13 of 2012 about waste management. It can be seen from management functions performed. Planning is done is to increase hygiene and waste disposal services to the community through the dissemination levy, the waste management of the source and cost recovery of waste. Then the garbage management is done by Department of Cleaning and Landscaping. The agitation conducted by the Department by moving the staff and attendant waste. Then the implementation of waste management starts from garbage collection ending up in landfill. Supervision is done by the Head of Department structurally. Implementation of the supervision is done through management reports and field visits. Besides, monitoring can also be done by seeing the results, whether it is already in line with the plan or not.
Keywords: Waste Management, 3Rs

×
Penulis Utama : Prayuniar Adhi Permadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0111069
Tahun : 2015
Judul : Manajemen Sampah dalam Penerapan Prinsip 3r (Reduce, Reuse and Recycle) di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi-D0111069-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.