Penulis Utama : Yudha Dwi Yogama
NIM / NIP : I1112096
×

ABSTRAK
Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan tidak dapat diperbarui sehingga ketersediaan BBM akan semakin berkurang seiring meningkatnya kebutuhan manusia akan sumber daya ini terutama di bidang transportasi. Terbatasnya ketersediaan BBM harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar dalam penggunaannya tidak terbuang percuma. Penggunaan BBM yang terbuang percuma dapat dilihat saat kendaraan bermotor mengantri dalam suatu pendekat simpang. Kendaraan tersebut mengalami tundaan yang cukup lama untuk melewati simpang dan juga terjadi antrian kendaraan yang cukup panjang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai konsumsi BBM, tundaan dan panjang antrian juga menganalisa hubungan konsumsi BBM dengan kinerja simpang berupa tundaan dan panjang antrian di Surakarta. Analisis tundaan dan panjang antrian didasarkan pada hasil survei pada pendekat simpang di Surakarta. Analisis konsumsi BBM menggunakan persamaan dari LAPI-ITB yang telah dikonversikan ke dalam satuan mobil penumpang. Analisis hubungan konsumsi BBM dengan tundaan dan panjang antrian menggunakan program SPSS 16.
Berdasarkan analisis dan pembahasan, kesimpulan yang didapat adalah nilai rata-rata tundaan, panjang antrian dan konsumsi bahan bakar minyak pada pendekat simpang di Surakarta secara berturut-turut adalah 19,50 detik/smp; 43,17 meter dan 0,091 liter/smp. Nilai konsumsi BBM dalam liter/smp (Y) sebagai variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu tundaan dalam detik/smp (X1) dan panjang antrian dalam meter (X2). Bila nilai tundaan dan panjang antrian semakin tinggi maka nilai konsumsi bahan bakar minyak juga akan semakin tinggi. Hal ini dapat dilihat dalam model persamaan yang didapat yaitu Y = -0,089 + 0,005X1 + 0,002X2.
Kata kunci : konsumsi BBM, panjang antrian, tundaan
ABSTRACT
Fuel is a natural resource which is limited and can not be updated so that the availability of fuel will decrease when human need for these resources is increasing, especially in the sector of transportation. The limited availability of fuel should be used as well as possible so that in its use is not wasted. The use of fuel that is wasted can be seen when the vehicles queuing in intersection. The vehicles had long delay to pass through the intersection and also occurs queue length of vehicles.
This study aims to know the value of fuel consumption, delay and queue length also analyze the fuel consumption correlation with the performance of intersection that are delay and queue length in Surakarta. Analysis of delay and queue length based on the result of survey on intersection in Surakarta. The Analysis of fuel consumption using the formula of LAPI-ITB that has been converted into a passenger car unit. The Analysis correlation of fuel consumption with delay and queue length using SPSS 16.
Based on the analysis and discussion, the conclusion is the average of delay, queue length and fuel consumption approach intersection in Surakarta are 14,50 second/pcu; 43,17 meter and 0,091 liter/pcu. Fuel consumption in liter/pcu (Y) as dependent variable is affected by the independent variabel that are delay in second/pcu (X1) and the queue length in meter (X2). If the value of delay and queue length increase so that the value of fuel consumption is also increase. This can be seen in the equation model that is Y = -0,089 + 0,005 X1 + 0,002 X2.
Keywords: delay, fuel consumption, queue length

×
Penulis Utama : Yudha Dwi Yogama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1112096
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Antara Tundaan dan Panjang Antrian dengan Konsumsi Bahan Bakar Minyak pada Pendekat Simpang di Surakarta (The Correlation between Stopped Delay and Queue Length with Fuel Consumption Approach Intersection in Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Sipil Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I1112096-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, M.T.
2. Dr. Dewi Handayani, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.