Penulis Utama : Nurul Khomariyah
NIM / NIP : D1113018
×

ABSTRAK
Sanitasi dasar adalah sarana sanitasi rumah tangga yang meliputi sarana buang air besar, sarana pengelolaan sampah, dan limbah rumah tangga. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Pelaksanaan program STBM berasal dari partisipasi  rakyat yang semula telah dipicu untuk mendorong perubahan perilaku higienis dan sanitasi individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan, pola pikir, perilaku dan kebiasaan individu atau masyarakat. Adanyaperilaku masyarakat yang mau melaksanakan karena dipengaruhi lingkungan sosial. Dimana masyarakat hidup didalam suatu kelompok yang dapat saling mempengaruhi. Lingkungan sosial adalah lingkungan masyarakat dimana terdapat interaksi antara individu yang satu dengan yang lainnya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan perekaman.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen lingkungan sosial yang terdiri dari pengelompokan sosial, media sosial, pranata sosial, pengendalian sosial, penataan sosial, dan kebutuhan sosial dalam pelaksanaan Program STBM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Program STBM di Desa Girimargo sudah cukup bagus, karena desa ini menjadi salah satu desa yang pertama kali berhasil melaksanakan Deklarasi ODF di Kecamatan Miri Kabupaten Sragen. Hal tersebut karena dipengaruhi faktor lingkungan sosial yang ada di desa tersebut dalam setiap tahap implementasi program. Pada lingkungan sosial di Desa Girimargo sudah hampir mencakup semua komponen yang ada, yaitu adanya pengelompokan sosial dalam bentuk RT, adanya pertemuan rutin sebagai media sosial, pembagian tugas sesuai dengan pranata sosial yang dibentuk, adanya beberpa aturan yang dibentuk sebagai penataan sosial dan diberikan sanksi sebagai pengendalian sosial yang ada, sehingga dapat menimbulkan perubahan kebutuhan sosial. Program STBM adalah program yang berasal dari masyarakat untuk merubah perilakunya. Sehingga perlu adanya pemantauan yang berkesinambungan untuk mempertahankan dan meningkatkan lingkungan sosial yang ada agar dapat meningkatkan pembuatan jamban sehat
Kata Kunci : Sanitasi, STBM, Lingkungan Sosial
ABSTRACT
Sanitation is a household sanitation facilities included a means of defecation, waste management facilities, and household waste. Community Led Total Sanitation approach to change behavior and sanitation hygiene through community empowerment by means of triggering. Implementation of the program to the participation of the people who originally had been triggered to encourage changes in hygiene and sanitation behavior of individuals or communities for self-awareness by touching, thought patterns, behaviors and habits of individuals or communities. The behavior changebecause of the social environment. Peoples lives in a group that influence each other. Social environment is a society where there are interaction between individuals.
This research was conducted using qualitative research and descriptive method. Techniques of collecting data through interviews, observation, documentation, and recordering The aims was to determine the components of the social environment that consists of a grouping of social, social media, social institutions, social control, social alignment, and social needs in the implementation of the Program STBM.
The results showed that the implementation of the program in the Girimargo is pretty good, because the village has become the first village to Declaration of ODF in Miri District of Sragen. This is because effect of social environment. Thesocial environment in Girimargo already almost covers all components. They are social groupings in the form RT, the regular meetings as social media, the division of tasks according to the social order established, the beberpa rules established as structuring social and sanctioned as social control, so it may cause changes in social needs. STBM program is a program derived from the people to change their behavior. Thus it need monitoring to maintain and improve the social environment in order to promote the establishment of healthy latrines.
Keywords: Sanitation, STBM, Social Environment

×
Penulis Utama : Nurul Khomariyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1113018
Tahun : 2015
Judul : Analisis Implementasi Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Ditinjau dari Aspek Lingkungan Sosial di Desa Girimargo Kecamatan Miri Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi-D1113018-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Faizatul Ansoriyah, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.