Penulis Utama : Siti Nur Fadhilah
NIM / NIP : K7111193
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Think Pair Share dengan media grafis dalam peningkatan keterampilan membaca pemahaman; (2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan model Think Pair Share dengan media grafis; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Think Pair Share dengan media grafis dalam peningkatan keterampilan membaca pemahaman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kalirejo yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, teman sejawat dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Think Pair Share dengan media grafis dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) intruksi berpasangan dengan media grafis; (b) pemberian tugas/ permasalahan; (c) siswa berpikir individu dengan media grafis; (d) berpikir berpasangan; (e) berbagi hasil; (f) penarikan kesimpulan; (2) penerapan model Think Pair Share dengan media grafis dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD. Peningkatan proses belajar siswa dari 66,67% pada siklus I menjadi 83,96% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 93,75% pada siklus III sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari pretest 18,75% meningkat menjadi 68,34% pada siklus I, 83,96% pada siklus II, dan 96,88% pada siklus III; (3) kendala yang ditemui dalam penerapan model Think Pair Share dengan media grafis yaitu siswa kurang memperhatikan pengarahan dari guru, siswa saat mengerjakan tugas ramai sendiri, ada yang membuat kegaduhan, dan siswa kurang aktif dalam kegiatan penarikan kesimpulan hasil diskusi. Sedangkan solusi yaitu guru mengarahkan siswa agar memperhatikan dan lebih memberikan perhatian secara menyeluruh, guru menegur dan memberikan perhatian yang khusus kepada siswa yang ramai dan membuat kegaduhan saat mengerjakan tugas, memotivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan penyimpulan hasil diskusi.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Think Pair Share dengan media grafis yang dilaksanakan dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 2 Kalirejo tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Think Pair Share, media grafis, keterampilan membaca pemahaman

 

×
Penulis Utama : Siti Nur Fadhilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111193
Tahun : 2015
Judul : Penerapan model think pair share dengan media grafis dalam peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas iv sdn 2 Kalirejo tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111193-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Joharman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.