Penulis Utama : Faradiba Yunan Permata
NIM / NIP : C0210022
×

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana suntingan teks Syara? Asma’u `l-?usna? (2) Bagaimana struktur teks Syara? Asma’u `l-?usna? (3) Bagaimana kandungan teks Syara? Asma’u `l-?usnaberlandaskan tauhid asma’ wa sifat?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menyediakan suntingan teks Syara? Asma’u `l-?usnayang baik dan benar (2) Mendeskripsikan struktur teks Syara? Asma’u `l-?usna(3) Mengungkapkan kandungan teks Syara? Asma’u `l-?usnaberlandaskan tauhid asma’ wa sifat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif.Sumber data yang digunakan adalah teks Syara? Asma’u `l-?usnadalam naskah Kumpulan Teks dengan nomor inventarisasi 07_00295.Naskah ini tersimpan di Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah Nomor 12 Kecamatan Baiturahman Banda Aceh 23241.Metode pengumpulan data yang digunakan adalahmetode pustaka.Metode analisis data yang digunakan adalah metode penyuntingan teks dan metode pengkajian teks.Metode penyuntingan teks yang digunakan adalah metode standar. Metode pengkajian teks yang digunakan adalah metode analisis struktur berdasarkan sastra kitab dan metode analisis isi berlandaskantauhid asma’ wa sifat.Metodepengolahan data menggunakan beberapa tahap, yaitu tahap deskripsi, tahap analisis, dan tahap evaluasi.Metode penarik simpulan yang digunakan adalah metode induktif.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan beberapa hal.Pertama,terdapat beberapa kesalahan salin tulis penulisan, meliputi 1 lakuna, 3 adisi, 1 substitusi, 1 transposisi, dan 9 ditografi. Kedua, struktur teks Syara? Asma’u `l-?usnamemiliki struktur penyajian teks terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup. Gaya penyajian teks menggunakan gaya interlinear (kalimat berbahasa Arab dikemukakan dahulu dan diikuti terjemahan berbahasa Melayu). Pusat penyajian teks menggunakan metode orang pertama tunggal, orang ketiga tunggal, dan orang ketiga jamak. Gaya bahasa dalam teks Syara? Asma’u `l-?usnaterdiri atas 4 buah diksi, yaitu (1) kosakata bahasa Arab yang sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia sebanyak 60 buah, kosakata yang belum diserap ke dalam bahasa Indonesia sebanyak 15 buah; (2) ungkapan bahasa Arab ditemukan sebanyak 5 buah; (3) sintaksis yang digunakan dalam teks Syara? Asma’u `l-?usna, yaitu penggunaan kata „dan? dan „maka?; (4) sarana retorika yang terdiri atas, gaya penguraian, gaya penguatan, gaya pengulangan, gaya pertentangan, gaya penyimpulan, serta pleonasme dan tautologi. Ketiga, isi ajaran tauhid asma’ wa sifat dalam teks Syara? Asma’u `l-?usnaberupa ajaran untuk beriman dan memohon kepada Allah melalui nama-nama-Nya yang indah (asmaul husna) seperti yang diterangkan dalam Quran dan sunah Rasul-Nya.

 

×
Penulis Utama : Faradiba Yunan Permata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0210022
Tahun : 2015
Judul : Syara? asma’u `l-?usna: Suntingan Teks, Analisis Struktur, dan Isi Berlandaskan Tauhid Asma’ wa Sifat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2015
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-C.0210022-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sholeh Dasuki, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.