Penulis Utama : Husnul Muthoharoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S.541302044
Tahun : 2015
Judul : Pengembangan multimedia interaktif pendidikan kesehatan reproduksi pada remaja tunarungu di smalb ma’arif Lamongan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S.541302044-2015
Subyek : MULTIMEDIA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keadaan media pembelajaran siswa tuna rungu di SMALB Ma’arif Lamongan; (2) Mengembangkan multimedia pendidikan kesehatan reproduksi remaja tuna rungu ; (3) Mengetahui keefektifan atau kelayakan multimedia ini dalam meningkatkan pengetahuan remaja tuna rungu terkait masalah kesehatan reproduksi
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development) yang melibatkan 30 siswa di SMALB Lamongan. Sebelum diujicobakan, produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Aspek penilaian meliputi aspek materi, aspek pembelajaran, dan aspek media. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kebutuhan akan media pembelajaran kesehatan reproduksi untuk tuna rungu menjadi dasar bagi peneliti untuk mengembangkan multimedia interaktif; (2) Prosedur pengembangan dimulai dengan desain awal, validasi ahli, dan uji coba untuk mengetahui keefektifan atau kelayakan produk; (3) keefektifan produk ini dapat dilihat dari hasil analisa data dengan uji-t terhadap 20 siswa pada uji coba skala luas, dan didapatkan nilai t=3,258 sedangkan nilai t tabel=1,701 (t hitung>t tabel) yang berarti H0 ditolak. Sehingga bisa disimpulkan bahwa` ada perbedaan prestasi belajar antara kelompok kontrol yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan kelompok eksperimen yang menggunakan multimedia interaktif.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif pendidikan kesehatan reproduksi remaja tuna rungu yang dikembangkan oleh peneliti dianggap layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, Multimedia, Kesehatan Reproduksi Remaja, Tuna Rungu

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_0010.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mulyoto, M. Pd
2. Dr. Suharno, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana