Penulis Utama : Kusmira Dwi Ayuani
NIM / NIP : K4211022
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara keterampilan menulis berhuruf Jawa siswa yang diajar dengan model pembelajaran Snow Balling dan keterampilan menulis berhuruf Jawa siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas X SMA Negeri 1 dan 3 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 dan 3 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Sukoharjo sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis dengan bentuk tes praktik menulis berhuruf Jawa. Validitas instrumen menggunakan uji validitas konseptual dan uji reliabilitas ratings. Uji persyaratan meliputi uji normalitas dengan uji Lilliefors, uji homogenitas dengan uji Bartlett, dan uji keseimbangan dengan uji t.
Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snow Balling lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan menulis berhuruf Jawa (t hitung > t tabel = 5,200 > 1,666).
Kata kunci: Snow Balling, Konvensional, Keterampilan Menulis Berhuruf Jawa

×
Penulis Utama : Kusmira Dwi Ayuani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4211022
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh penerapan model pembelajaran snow balling terhadap keterampilan menulis berhuruf jawa (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 dan 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K.4211022-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.