Penulis Utama : Ryzal Perdana
NIM / NIP : S831402070
×

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tahapan pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan hidrolisis garam (2) kelayakan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan hidrolisis garam hasil pengembangan (3) efektivitas pembelajaran menggunakan Modul Pembelajaran Kimia berbasis Inkuiri Terbimbing pokok Hidrolisis Garam.
Penelitian ini merupakan penelitian Educational Research and Development. Model pengembangan modul yang digunakan adalah model 4D (four D model). Keempat tahapan tersebut adalah define, design, development dan diseminate. Pengujian modul dilakukan dengan eksperimen menggunakan sampel sebanyak dua kelas untuk masig-masing sekolah. Hal tersebut untuk membandingkan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada masing-masing sekolah. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Pekalongan, SMA N 2 Sekampung dan MA Ma’arif 5 Sekampung Kab. Lampung Timur tahun akademik 2014/2015.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah pengembangan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing telah melalui tahap define, design, development dan diseminate. Langkah pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing meliputi: merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa modul mendapatkan kriteria “Sangat Baik” yang artinya layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran kimia berbasis inkuiri terbimbing. Hasil uji statistik di SMA N 1 Pekalongan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan hasil belajar kelas kontrol, dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hasil uji statistik di SMA N 2 Sekampung menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan hasil belajar kelas kontrol, dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hasil uji statistik di MA Ma’arif 5 Sekampung menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan hasil belajar kelas kontrol, dengan taraf signifikansi a = 0,05, yang artinya hasil belajar siswa menggunakan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Modul, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

×
Penulis Utama : Ryzal Perdana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831402070
Tahun : 2015
Judul : Pengembangan modul pembelajaran kimia sma/ma berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S.831402070-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr.H. Ashadi
2. Dr. Sri Yamtinah S.Pd. M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.