Penulis Utama : Maria Angela Mentari Januari
NIM / NIP : K8411044
×

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi kelas X-2 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pembelajaran 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/ pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X-2 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunkan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi kelas X-2 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada pra siklus dengan nilai rata-rata 59.9 meningkat menjadi 68,9 pada siklus I dan 74,1 pada siklus II.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X-2 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pembelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Make a Match, Prestasi Belajar Peserta Didik.

 

×
Penulis Utama : Maria Angela Mentari Januari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8411044
Tahun : 2015
Judul : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan prestasi belajar sosiologi peserta didik kelas x-2 sma negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pembelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K.8411044-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. AY. Djoko Darmono, M.Pd
2. Atik Catur Budiati, S.Sos, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.