Penulis Utama : Agung Rohmadi
NIM / NIP : C0210001
×

ABSTRAK
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) bagaimana gambaran aspek sosiologis dalam novel Sekali Dalam 100 Tahun karya Marga T (1988)? (2) bagaimana problematika sosial yang terdapat dalam novel Sekali Dalam 100 Tahun karya Marga T (1988)?
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan deskripsi: (1) gambaran aspek sosiologis secara sistematis dalam novel Sekali Dalam 100 Tahun (1988) karya Marga T. dengan baik dan benar; (2) memaparkan analisis problematika sosial dalam novel Sekali Dalam 100 Tahun (1988) karya Marga T. dengan teori sosiologi sastra.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini analisis bersifat deskriptif analitik, dengan menggunakan pendekatan mimetik dan teori sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Sekali Dalam 100 Tahun (1988) karya Marga T. dan penelitian-penelitian yang terkait dengan problematika sosial, serta internet sebagai bahan acuan selain buku. Langkah-langkah penelitian: (1) peneliti menentukan objek penelitian, kemudian dilakukan pemahaman secara mendalam terhadap novel Sekali Dalam 100 Tahun (1988) karya Marga T. (2) menemukan masalah-masalah dengan kacamata pendekatan sosiologis dan teori sosiologi sastra yang tergambar dalam novel Sekali Dalam 100 Tahun (1988) karya Marga T. (3) menentukan teori yang akan digunakan untuk menganalisis permasalahan yang telah ditemukan, yaitu dengan pendekatan mimetik dan teori sosiologi sastra. (4) peneliti menyimpulkan pesan yang terdapat dalam novel Sekali Dalam 100 Tahun (1988) karya Marga T. Teknik pengolahan data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal: (1) Terdapat enam aspek sosiologis berupa problematika sosial didalam novel Sekali Dalam 100 Tahun (1988) karya Marga T. Aspek sosiologis yang tergambar dalam cerita novel tersebut yaitu masalah kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, masalah generasi muda dalam masyarakat modern, pelanggaran-pelanggaran terhadap norma-norma dalam masyarakat dan masalah birokrasi. (2) Enam aspek yang telah disebutkan diatas sudah mampu menjelaskan bahwa pangkal persoalan masyarakat Indonesia adalah masyarakat Indonesia dalam masa transisi dari negara berkembang dituntut untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan masyarakat maju yang modern.
Kata kunci : novel, sosiologi sastra, problematika sosial

×
Penulis Utama : Agung Rohmadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0210001
Tahun : 2015
Judul : Problematika Sosial dalam Novel Sekali dalam 100 Tahun Karya Marga T.
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Indonesia-C0210001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Bani Sudardi, M.Hum.
2. Drs. Wiranta, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.